EVALUASI PERKERASAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA ABDURACHMAN SALEH MALANG

Fahmi, Moh. Ilham (2020) EVALUASI PERKERASAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA ABDURACHMAN SALEH MALANG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111610013008-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111610013008-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Permintaan transportasi udara yang terus meningkat baik dari segi jumlah penumpang, barang dan pergerakan pesawat akan berdampak langsung pada kemampuan perkerasan Bandar Udara. Pergerakan pesawat pada Bandar Udara Abdurachman Saleh mengalami peningkatan 22% pada tahun 2017-2018. Seiring dengan bertumbuhnya sektor pariwisata di kota Malang yang diprediksi akan meningkat setiap tahunnya, maka dengan melihat kondisi ini sistem Runway, Taxiway, dan Apron berperan penting dalam mendukung kelancaran kegiatan operasional Bandar Udara. Sisi udara Bandar Udara Abdulrachman Saleh harus memenuhi syarat kekuatan struktur untuk melayani pergerakan pesawat yang beroperasi sesuai dengan perencanaan. Bagaimana evaluasi dan analisa perkerasan fasilitas sisi udara di Bandar Udara Abdulrachman Saleh saat ini apakah sudah memenuhi peraturan standar perkerasan yang boleh digunakan untuk penerbangan.
Analisis dilakukan dengan cara mengevaluasi kekuatan perkerasan Runway, Taxiway, dan Apron menggunakan metode perbandingan ACN-PCN, sesuai dengan FAA Advisory Circular AC 150/5335-5B. Mencari nilai ACN dengan 3 cara yaitu Aircraft Manufacturer, Program COMFAA, dan menggunakan tabel Canadian Department of Transportation. Sedangkan data yang diperlukan untuk menghitung adalah data pergerakan pesawat termasuk jumlah pergerakan tahunan, jenis pesawat, tekanan roda pendaratan, MTOW (Maximum Take Of Weight) pesawat, dan gambar struktur perkerasan eksisting. Selanjutnya hasil ACN dibandingkan dengan PCN eksisting pada Runway, Taxiway, dan Apron. Sand Patch Test juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kekesatan pada permukaan. Perhitungan tebal overlay menggunakan program FAARFIELD juga dilakukan setelah Analisa perbandingan ACN PCN.
Hasil analisa dan perhitungan menunjukan jika pesawat yang saat ini beroperasi masih memenuhi ketentuan penerbangan (ACN<PCN) pada runway, taxiway, maupun apron. Kecuali untuk pesawat rencana Airbus 330-200 tidak memenuhi. Untuk pengetesan Sand Patch Test menunjukan keadaan runway yang licin. Perhitungan struktur dan PCN dengan metode empiris/klasik dengan metode program FAARFIELD dan COMFAA menunjukan bahwa perhitungan dengan program FAARFIELD dan COMFAA lebih valid dan bisa digunakan sebagai acuan. Untuk tebal perkerasan dengan program menghasilkan ketebalan 95cm (950mm) dan PCN 98,7. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan pada Runway Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Moh. Ilham Fahmi
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:11
Last Modified: 23 Dec 2023 15:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81498

Actions (login required)

View Item View Item