Metode Pelaksanaan Serta Perhitungan Waktu dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya

Mahesa, Titah (2020) Metode Pelaksanaan Serta Perhitungan Waktu dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111610013086-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111610013086-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan Apartemen Tower Olive Grand Dharmahusada Lagoon ini berlokasi di Jl. Raya Mulyosari No. 366A, Kota Surabaya, Jawa Timur. Proyek ini dibangun dengan luas bangunan +58.000 m2 dengan total 41 lantai yang terdiri dari 3 lantai basement dan 38 lantai hunian. Pembangunan proyek ini dimulai pada tanggal 1 September 2016 dan direncanakan berakhir pada tanggal 11 Mei 2020. Dalam pembangunannya, proyek ini menggunakan struktur beton bertulang. Tulangan yang digunakan difabrikasi langsung di lokasi proyek. Untuk cetakan beton proyek ini menggunakan bekisting yang berbahan dasar aluminium atau yang biasa disebut aluminium formwork. Dalam proses pengecoran untuk proyek ini, dilakukan dengan metode pengecoran di tempat.
Data yang diperoleh dari proyek ini adalah gambar struktur dan RAB. Data diolah untuk menganalisis metode pelaksanaan dari material, pekerja, dan alat berat. Dari hasil pengolahan data, dapat dibuat perhitungan waktu pelaksanaan dan anggaran biaya pelaksanaan. Sedangkan untuk hasil akhir adalah penjadwalan yang dilakukan dengan membuat Network Planning dan Kurva S. Adapun alat bantu yang digunakan dalam penyusunan penjadwalan proyek ini adalah dengan menggunakan program Microsoft Project. Penjadwalan proyek sangat penting sebagai tolak ukur apakah proyek tersebut selesai sesuai dengan waktu yang telah direncanakan atau lebih dari waktu perencanaan.
===========================================================
The construction project of Olive Tower Grand Dharmahusada Lagoon Apartment is located on Raya Mulyosari Street No. 366A, Surabaya City, East Java. This project was built with a building area of 58.000 m2 with a total of 41 floors consisting of 3 basement floors and 38 residential floors. The construction of this project began on September 1, 2016 and is planned to end on May 11, 2020. In its construction, this project utilize reinforced concrete structures. The spines used are fabricated directly at the project site. For concrete molds this project use aluminium formwork. The casting process for this project is carried out by on-site casting method.
Data obtained from this project are structural drawing and budget plan. The data are processed to analyze the method of implementation of the material, workers, and heavy equipment. Then from the results of data processing, the calculation of implementation time and budget implementation costs can be made. As for the final result, the scheduling is performed by making Network Planning and S-Curve. The tool used in preparing the project scheduling is Microsoft Project program. Project scheduling is very substantial as a measure of whether the project is completed according to the planned time or more than the planning time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aluminium formwork, waktu pelaksanaan, anggaran biaya pelaksanaan, network planning, Kurva S, aluminium formwork, implementation time, implementation cost budget, network planning, S-Curve.
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Titah Mahesa
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:45
Last Modified: 09 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81600

Actions (login required)

View Item View Item