Studi Teknis Dan Ekonomis Dimensi Konstruksi Kapal Kayu Sesuai Rules BKI (1996)

Aditya, Bagus Kusuma (2020) Studi Teknis Dan Ekonomis Dimensi Konstruksi Kapal Kayu Sesuai Rules BKI (1996). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111650030001-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111650030001-Master_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan kapal kayu secara konvensional umumnya tidak disertai dengan perhitungan dan perencanaan secara mendetail sehingga membuat dimensi konstruksi menjadi Over Constructed serta harga material kapal menjadi besar. Untuk mengetahui dimensi elemen konstruksi pada kasko kapal dari lunas sampai dengan geladak utama, harga material kayu dan proses pembangunan kapal berbahan kayu dilakukan metode pengukuran langsung serta interview. Data kapal yang disurvey selanjutnya dianalisis dimensinya sesuai Rules BKI (1996). Data konstruksi kapal existing dan ukuran utama kapal existing dianalisis menggunakan Rules BKI (1996) selanjutnya kapal dengan analisis Rules BKI dilakukan pengurangan konstruksi sebesar 10%, 20% dan 30% untuk mengetahui besarnya reduksi dimensi konstruksi yang masih dibawah batas tegangan ijin BKI sebesar 12,75 N/mm2.
Dari hasil analisis teknis tiga kapal, didapatkan nilai tegangan pada kapal A (Existing) sebesar 7,827 N/mm2 dan Rules BKI sebesar 7,112 N/mm2, pada kapal B (Existing) sebesar 6,608 N/mm2 dan Rules BKI sebesar 7,617 N/mm2 sedangkan pada kayu C (Existing) sebesar 8,142 N/mm2 dan Rules BKI sebesar 6,765 N/mm2. data kapal menurut Rules BKI (1996) selanjutnya direduksi pada dimensi konstruksinya dengan variabel pengurangan 10%, 20% dan pada 30% pengurangan tidak direkomendasikan, pada Kapal A nilai tegangan terbesar 10,609 N/mm2 (Reduksi 20%). pada Kapal B didapatkan dan nilai tegangan terbesar 12,421 N/mm2 (Reduksi 20%). pada Kapal C dan nilai tegangan terbesar 11,032 N/mm2 (Reduksi 20%).
Analisis ekonomi akan didapatkan pada kapal didasarkan pada harga kayu per meter kubik. Sehingga didapatkan hasil pada Kapal A adalah sebesar Rp. 300.240.000,- (Existing) dan Rp. 322.800.000,- (Rules BKI) sedangkan untuk hasil reduksi terendah yaitu Rp. 258.240.000,- (reduksi 20%). Untuk Kapal B adalah sebesar Rp. 295.800.000,- (Existing) dan Rp. 263.040.000,- (Rules BKI) dan nilai reduksi terendah Rp. 210.432.000,- (reduksi 20%). Kapal C adalah sebesar Rp. 214.100.000,- (Existing) dan Rp. 233.500.000,- (Rules BKI) dan nilai reduksi terendah Rp. 186.800.000,- (reduksi 20%).
========================================================
Wooden Ships in conventional buliding methods generally not accompanied by detailed calculation and planning so as to make the dimensions of the construction can be over constructed and cost of the material will be more exspensive. To find out the dimension of the construction element on the wooden ships from keel to the main deck, the price of the woods material and the process of wooden shipbuilding direct meauserement method and interviews are carried out. The ships data of the surveyed were then analyzed for their dimension based on BKI Rules (1996). ships existing datasheet and main particular of ships existing will be analyzed according BKI Rules (1996) furthermore with the analysis of the BKI Rules the reduction in construction is carried out by 10%, 20% dan 30% to find out the size of reduction in constructions dimension which is still below the allowable stress limit of BKI 12,75 N/mm2.
From the result of technical analysis of the ships, the stress value of Ships A (Existing) 7,827 N/mm2 and BKI Rules 7,112 N/mm2, Ships B (Existing) 6,608 N/mm2 and BKI Rules 7,617 N/mm2 and Ships C (Existing) 8,142 N/mm2 and BKI Rules 6,765 N/mm2. Ships data according BKI Rules (1996) then reduced to the construction dimension with a reduction variable 10%, 20% and at variable 30% are not recomended, stress value in Ships A 10,609 N/mm2 (variable 20%), stress value in Ships B 12,421 N/mm2 (variable 20%). And stress value in Ships C 11,032 N/mm2 (variable 20%).
An economical analysis will be obtained on the ship based on the prices of wood in cubic meter. The result in Ships A IDR 300.240.000,- (Existing), IDR. 322.800.000,- (BKI Rules) and the lowest reduction of price IDR. 258.240.000,- (variable 20%). In Ships B IDR. 295.800.000,- (Existing), Rp. 263.040.000,- (BKI Rules) and the lowest reduction of price IDR. 210.432.000,- (variable 20%). In Ships C IDR. 214.100.000,- (Existing), IDR. 233.500.000,- (BKI Rules) and the lowest reduction of price IDR. 186.800.000,- (variable 20%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Konstruksi, Kapal kayu, Pemodelan Struktur, Rules BKI (1996) Dimension of Construction, Wooden ship, Stucture model, BKI Rules (1996)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Bagus Kusuma Aditya
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:34
Last Modified: 23 Dec 2023 14:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81622

Actions (login required)

View Item View Item