“Perancangan Mobile Game dengan Tema Kuliner Nasional untuk Edukasi Anak Sekolah Dasar ”

Sabila, Mutyaz Nur (2020) “Perancangan Mobile Game dengan Tema Kuliner Nasional untuk Edukasi Anak Sekolah Dasar ”. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311440000097-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311440000097-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Saat ini pamor kuliner nasional kalah terhadap kuliner asing terutama di kalangan anak-anak yang sering terpapar makanan cepat saji. Maka saat ini dirasa penting untuk mengenalkan kuliner nasional kepada generasi muda agar dapat familiar dengan makanan khas Indonesia sekaligus mencintai budayanya sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut penulis merancang mobile game dengan untuk mengenalkan kuliner nasional Indonesia pada anak usia sekolah dasar.
Riset yang dilakukan yaitu melakukan observasi secara sekunder maupun primer terhadap game saat ini serta objek kuliner yang dipilih. Objek kuliner yang dipilih ialah yang termasuk dalam daftar kuliner nasional oleh Kementrian Pariwisata Indonesia yaitu Soto, Sate, Nasi Goreng, Gado-Gado dan Rendang (nasi Padang). Ruang lingkup luaran ialah mobile game untuk Android dengan objek game Soto. Genre yang dipilih ialah genre arkade. Setelah didapat konsep awal dilakukan riset primer dengan melakukan depth interview dengan pakar game terhadap konsep dan storyline yang telah dibuat. Setelah konsep direvisi, dilakukan sketsa eksperimental terhadap konten visual (kuliner) dan UI yang kemudian dikonsultasikan melalui depth interview secara pararel dengan pakar kuliner dan pakar game. Sketsa yang ada dijadikan dalam bentuk prototype untuk kemudian dilakukan black box test pertama untuk menguji fungsi gameplay dengan responden target user dan pakar game.
Dari hasil riset yang telah dilakukan didapatkan prototype game dengan judul “Warung Idola” yang bergenre arkade dimana dapat memainkan game secara berulang karena bersifat endless, game akan selesai ketika pemain kehabisan nyawa. Permainan dilakukan dengan aksi drag and drop dan dibatasi waktu sehingga dapat melatih ketangkasan anak dan memacu adrenalin. Sifatnya yang repetitif pemain akan terekspos dengan objek Soto secara berulang sehingga pemain mengingat objek tersebut. Gaya visual game yang dipilih ialah kartun yang memiliki warna-warni yang mencolok namun tidak meninggalkan ciri khas pada objek agar tetap representatif namun dapat dicerna anak-anak. Prototype yang ada dapat mengedukasi anak usia sekolah dasar terhadap objek Soto yang dimainkan.

==================================================================================================================

Over the past decades, the interest of childern in eating regional cuisines has been declining especially when it comes head to head with global fast food restaurant chains. It is important to refamiliarize the childern with local dishes so they can embrace their own identity. In this paper we will design a game based learning environment on national dishes for school-aged children.
Primary and secondary observation was done on mobile game as the media and national dishes as the object. The objects that will be used is five dishes that has been declared as national dishes by Ministry of Culture and Tourism: Soto, Sate, Nasi Goreng, Gado-Gado dan Rendang (Nasi Padang). The scope for the output is Android based mobile game using Soto as the sole object. The genre is arcade. We perform depth interview on initial concept with a game expert and depth interview with a culinary expert on the experimental sketches of game visuals and UI layout. Game prototype made based on previous depth interview feedbacks. Black box test iteratively performed on the prototype.
The output of the research is an endless arcade game prototype named “Warung Idola”. Player will operates the game using drag and drop in a given time window that gradually decreasing after each round. The game will only ends when player out of lives. With this gameplay, player will be repetitively exposed by the game object (Soto) so they can involuntarily remember the object. Game illustrated in a cartoon manner that have catchy colors but still not leaving important details on the object to make it still recognized as different kind of Soto. “Warung Idola” gives prominence to educate the children on Soto as one of the national dishes.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mobile Game, Soto, Kuliner Nasional, National Dish.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mutyaz Nur Sabila
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:33
Last Modified: 09 Jan 2024 08:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81661

Actions (login required)

View Item View Item