Optimalisasi Pengendalian Banjir Sistem Sungai Kedunglarangan Berdasarkan Analisa Biaya Dan Manfaat

Hengky Irawan Achmad, Yany (2020) Optimalisasi Pengendalian Banjir Sistem Sungai Kedunglarangan Berdasarkan Analisa Biaya Dan Manfaat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211550023005-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211550023005-Master_Thesis.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Genangan air dan banjir tahunan terjadi waktu musim penghujan di sekitar Bangil Utara kabupaten Pasuruan. Luapan air Sungai Kedunglarangan yang juga merupakan hasil pertemuan antara Sungai Bangiltak dan Sungai Wrati menjadi salah satu penyebabnya. Diusulkan 5 upaya alternatif struktural pengendalian banjir terhadap sungai dalam penangulangannya. Keterbatasan anggaran di Balai Besar Wilayah Sungai Brantas menjadi pertimbangan utama untuk pelaksanaannya. Diperlukan optimalisasi alternatif berdasarkan biaya dan manfaat untuk memastikan alternatif yang paling optimal.
Optimalisasi alternatif upaya struktural pengendalian banjir berdasarkan biaya dan manfaat dilakukan melalui tahapan pengumpulan data sekunder dan data primer untuk mengidentifikasi faktor biaya, faktor dampak dan faktor manfaat. Pendekatan metode Cost Benefit Analysis digunakan dengan menghitung B/C ratio, NPV dan analisa sensitivitas.
Dari hasil analisa didapat alternatif yang optimal berdasarkan biaya dan manfaat dalam upaya pengendalian banjir. B/C rasio dari Sungai Bangiltak sebesar 8,98%, Sungai Wrati 12,51%, Sungai Masangan 1,20% dan Sungai Kedunglarangan 1,15%. Walaupun Sungai Bangiltak memiliki Rasio lebih kecil daripada Sungai Wrati, bila Sungai Bangiltak belum dilaksanakan maka debit Sungai Wrati sebesar 154,32 m3/det tidak dapat tertampung atau dialirkan. Apabila terjadi kenaikan harga sebesar 16,5% maka investasi untuk Proyek Sungai Kedunglarangan tidak layak dilakukan, sedangkan penanggulangan banjir untuk Sungai Masangan tidak layak dilakukan apabila terjadi kenaikan biaya sebesar 27%. Proyek Sungai Wrati dan Bangiltak masih layak dilakukan meskipun terjadi kenaikan harga hingga 40%.
Kata kunci: Optimalisasi, Pengendalian Banjir, CBA, NPV.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Flood Control, CBA, NPV
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Depositing User: HENGKY IRAWAN ACHMAD YANY
Date Deposited: 03 Sep 2020 21:51
Last Modified: 02 Jan 2024 04:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81758

Actions (login required)

View Item View Item