Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Fasilitas Terpadu Untuk Meningkatkan Produktivitas Kapal Di Galangan Tepian Mahakam - Samarinda

Mustikasari, Tatum Monika (2014) Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Fasilitas Terpadu Untuk Meningkatkan Produktivitas Kapal Di Galangan Tepian Mahakam - Samarinda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100702-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4109100702-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembangunan kapal di daerah Tepian Mahakam masih menggunakan fasilitas
produksi yang konvensional seperti pemotongan pelat dan profil manual. Hal ini
menyebabkan waktu pembangunan kapal menjadi lama, penggunaan tenaga kerja yang
banyak dan kualitas hasil produksi yang kurang baik. Tujuan tugas akhir ini adalah
menganalisa secara teknis dan ekonomis pembangunan fasilitas terpadu untuk meningkatan
produktivitas galangan kapal di Tepian Mahakam Samarinda. Pertama, dilakukan analisa
produktivitas galangan kapal di Tepian Mahakam Samarinda. Kedua, direncanakan fasilitas
terpadu yang diperlukan. Ketiga, dilakukan analisa peningkatan produktivitas galangan kapal
apabila memanfaatkan fasilitas terpadu. Berdasarkan analisa produktivitas didapatkan besar
produktivitas galangan kapal di Tepian Mahakam Samarinda saat ini adalah 7.02 Kg/Jo
dengan lama pembangunan kapal 232 hari. Peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan
memanfaatkan fasilitas terpadu yang direncanakan. Fasilitas terpadu tersebut meliputi
pekerjaan persiapan material dan fabrikasi material dengan menggunakan mesin otomatis
seperti mesin NC Plasma Cutting, Hydraulic bending machine 500 Ton. Hasil perencanaan
fasilitas terpadu menunjukkan bahwa produktivitas galangan kapal diperkirakan meningkat
menjadi 10.78 Kg/Jo dan pengurangan lama proses pembangunan kapal menjadi 151 hari.
Total biaya investasi yang dibutuhkan untuk fasilitas terpadu yang direncankan diperkirakan
sebesar Rp 55 Milyard dengan BEP (Break Event Point) terjadi pada tahun ke-10.
===============================================================================================================
The process of ship building in the Mahakam river area is still using conventional
production facilities such as manual cutting plates and profiles. That cause ship building time
becomes longer, used extensive labor, and result in poor production quality. This final project
aims to analyze the technical and economical development of integrated production facility
for increasing shipyard productivity at Mahakam river area of Samarinda. Firstly, shipyard
productivity at Mahakam river area Samarinda was analysed. Secondly, the planning of
integrated production facility was conducted. Thirdly, the increase of shipyard productivity
due to the proposed integrated facility was estimated. Based on the analysis, the existing
productivity is about 7.02 Kg/Man Hours with shipbuilding time of 232 days. The increase of
productivity can be executed by utuilizing an integrated production facility i.e. 1 unit NC
plasma cutting and 2 unit hydraulic bending machine of 500 Ton. Utilizing this integrated
production facility will increase shipyard productivity to be 10.78 Kg/MH and shipbuilding
time will be reduced to 151 days. The total cost of investment is estimated about 55 billion
rupiahs that can be returned within 10 years of break even point.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 338.476 238 3 Mus a 3100015057961
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Produktifitas, Galangan Kapal, Samarinda
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:37
Last Modified: 14 Sep 2020 06:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81900

Actions (login required)

View Item View Item