Analisis Human Error Terhadap Peralatan Komunikasi Dan Navigasi Pada Kapal

Allam, Mohammad Vath (2014) Analisis Human Error Terhadap Peralatan Komunikasi Dan Navigasi Pada Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4209100003-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4209100003-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kapal banyak terjadi di Indonesia. Salah satu
penyebabnya adalah volume lalu lintas kapal yang tinggi seperti
pada alur pelayaran Selat Bali. Menurut data KNKT lebih dari
80% kecelakaan disebabkan oleh human error. Tujuan utama
dari penulisan tugas akhir adalah untuk menganalisis seberapa
besar nilai human error berpengaruh terhadap kecelakaan kapal
akibat peralatan navigasi dan komunikasi. Setelah mengetahui
seberapa besar nilai human error berpengaruh terhadap
kecelakaan kapal, maka selanjutnya akan di analisis mengenai
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi human error. Metode
yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah kombinasi dari
metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SHELL Model,
sehingga dapat diketahui seberapa besar nilai human error dan
apa saja penyebabnya. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai
human error terhadap kecelakaan kapal akibat peralatan
navigasi dan komunikasi sebesar 19.5% dan nilai terbesar yang
mempengaruhi human error adalah kondisi psikis dengan nilai
sebesar 24.2%.
=============================================================================================================
There are many ship accidents that were occured in Indonesia.
One of them is caused by the heavy marine traffic like the
condition at Bali Strait passage. Based on the data from KNKT,
more than 80% of accidents are caused by human error. The
main objective of the final project is to analyze how much the
value of human error affect ship accidents due to navigation and
communication equipment. After finding out how much the value
of human error affect ship accidents, the next will be on the
analysis of the factors that influence human error. The method
used in this final project is a combination of AHP (Analytical
Hierarchy Process) and SHELL model, so it can be seen how
much the value of human error and the factors that influence
human error. From the results of analysis show that the value of
human error that effect ship accidents due to navigation and
communication equipment is 19.5% and the largest value that
influence human error is psychological condition by 24.2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.894 All a 3100014057729
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kapal; human error; AHP; SHELL; model
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:38
Last Modified: 16 Sep 2020 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81910

Actions (login required)

View Item View Item