Studi penentuan retak pada sambungan las cladding pada tangki kapal menggunakan pengujian ultrasonik

Winahyu, Indra Hary (2014) Studi penentuan retak pada sambungan las cladding pada tangki kapal menggunakan pengujian ultrasonik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4109100033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tangki kapal chemical tanker mengangkut muatan korosif. Muatan tersebut bisa
mengakibatkan korosi pada tangki dan struktur-struktur konstruksi kapal, oleh karena itu
diperlukan suatu material anti-korosif. Daripada pengganti seluruh konstruksi kapal dengan
bahan anti korosif yang lebih mahal, diberlakukan metode cladding sebagai suatu solusi.
Setelah diaplikasi ke material, sambungan ini perlu dicek mengenai kemulusannya. Metode
ultrasonik NDT dirasa tepat digunakan.
Pada tugas akhir kali ini, dilakukan penelitian mengenai pengujian ultrasonic
menggunakan transfer-receiver probe (TR probe) berdiameter 10 dan 20 mm dengan rules
ASME Sec V menggunakan metode DAC dan non DAC. Variasi yang digunakan untuk
percobaan ini menggunakan kedalaman cacat 5 dan 12 mm sebagai pengganti cacat pada
material cladding dan incomplete penetration. Kemudian setelah itu dibuat sebuah SOP
(Standart Operational Procedure) dalam pengujian ini sebagai sarana pembantu untuk bekerja
di lapangan.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan akurasi yang
besar untuk percobaan dengan kedalaman 5 mm, 95% untuk probe 10 mm dan 97% untuk
probe 20 mm. Selain itu untuk akurasi pada kedalaman 12 mm menurun drastis dibandingkan
dengan kedalaman 5 mm, yaitu 84.17% untuk probe berdiameter 10 mm dan 83.33% untuk
probe berdiameter 20 mm.
=============================================================================================================
Chemical tanker ships carrying various liquid cargo. That cargo could cause corrosion
on tank and structures of ship’s construction, therefore anti corrosive material is needed.
Rather than replacing entire constructions, cladding method applied as a solution. After the
material is being applicated, bondline area’s soundness need to be checked. Ultrasonic NDT
method seems to be the best choice.

In this final project, research is implemented on ultrasonic testing using the transfer-
receiver probe (TR probe) that has 10 and 20 mm in diameter with DAC and non-DAC

technique from ASME Sec V. Discontinuities in this final project is variated between 5 and 12
mm depth as representation of flaw in cladding material and incomplete fusion in bondline
area. Then, after scanning, we made a SOP (Standart Operational Procedure) as guidance to
UT man.
The result of the study shows that the isn’t big difference in accuracy on 5 mm depth
between 10 diameter probe (95% in accuracy) and 20 diameter probe (97% in accuracy).
Beside that, the 12 mm depth’s accuracy is significantly decreased. We have 84.17% accuracy
on 10 diameter probe and 83.33% accuracy on 20 mm diameter probe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 671.52 Win s 3100014057327
Uncontrolled Keywords: pengujian ultrasonik, cladding, TR probe
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:05
Last Modified: 17 Sep 2020 03:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81938

Actions (login required)

View Item View Item