Rancang Bangun Sistem Pengukuran Pada Alat Kalibrasi Sensor Gas Oksigen (O2)

Latif, Zaini (2014) Rancang Bangun Sistem Pengukuran Pada Alat Kalibrasi Sensor Gas Oksigen (O2). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2109100107-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2109100107-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pembakaran bahan bakar semakin
canggih. Hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan
Electronic Fuel Injection (EFI) menggantikan karburator.
Electronic Fuel Injection (EFI) menggunakan sistem yang diatur
secara komputer oleh perangkat elektronik yang disebut
Electronic Control Unit (ECU). ECU bekerja berdasarkan
masukan dari sensor-sensor yang ada. ECU menerima sinyal dari
sensor dan melakukan pengolahan data untuk mengirimkan
sinyal untuk mengatur udara dan pasokan bahan bakar ke dalam
ruang pembakaran secara efektif dan efisien. Salah satu sensor
yang digunakan adalah sensor gas O2. Sensor gas O2 tentunya
juga bisa mengalami ketidaktepatan pembacaan saat awal
maupun setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu,
sehingga harus dikalibrasi.
Metode kalibrasi dalam penelitian ini ialah dengan prinsip
tekanan berubah dengan volume tetap. Pada metode tekanan
berubah dengan volume tetap, validasi dilakukan dengan cara
memvakumkan tabung reaksi hingga tekanan vakum yang
diinginkan, kemudian tabung reaksi diisi dengan nitrogen hingga
i

tekanan kembali ke 1 atm dan mencatat kadar oksigen yang
tertinggal.
Dari hasil pengujian kalibrasi didapatkan selisih terbesar
terjadi pada tekanan 1,48 bar dengan selisih pembacaan kadar
oksigen antara alat kalibrasi dengan sensor oksigen sebesar 3,45
%. Sedangkan selisih terkecilnya terjadi pada tekanan 1,49 bar
dengan selisih pembacaannya sebesar 0,43 %
==============================================================================================
The development of combustion technology is getting more
sophisticated these days. One of the example is the use of
Electronic Fuel Injectin (EFI) to replace the carburator.
Electronic fuel injecton (EFI) using the computerized electronic
devices comonly known as electronic control unit (ECU). ECU
works based on the input of several sensors that attached on it.
ECU received signals from the sensors and starting to process
the data that will be sent as feedback to control the air and fuel
respectively to the combustion chamber, effectively and
efficiently. One of the sensor used on this procces is called O2 gas
sensor. The O2 gas sensor need to be calibrated after several use
of a certain period.
The calibaration method that used in this experiment is the
principal of isochoric. In this method ,the validation procces is
performed by vacuming the test tube up until the desired value of
pressure is required, after that the tube is filled by nitrogen until
the pressure back to 1 atm and record the oxygen levels that left.
From the result of calibration testing, the biggest difference
happened on 1,48 bar with the difference of oxygen level between
the calibration device and the oxygen sensor by 3,45 %.
iii

Meanwhile, the smallest difference happened on 1,49 bar with the
difference of 0,43%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.253 Lat r
Uncontrolled Keywords: Electronic Fuel Injection (EFI), Electronic Control Unit (ECU), Sensor gas O2, kalibrasi.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC271.8.C3 Calibration
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:06
Last Modified: 22 Sep 2020 06:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82015

Actions (login required)

View Item View Item