Laporan Kerja Praktik Proyek Jalan Tol Serang Panimbang Pelaksanaan Konstruksi Fly Over Kereta Api Dan Pile Continuous Beam STA 12+640 - 13+529

Yusuf, Faisal Emir and Pratama, Daniel (2021) Laporan Kerja Praktik Proyek Jalan Tol Serang Panimbang Pelaksanaan Konstruksi Fly Over Kereta Api Dan Pile Continuous Beam STA 12+640 - 13+529. Project Report. [s,n], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111740000119_03111740000154-Project_Report.pdf]
Preview
Text
03111740000119_03111740000154-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penetapan Kawasan Tanjung Lesung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Pandeglang Provinsi Banten, memberikan gambaran
perlunya percepatan pembangunan perekonomian di Kawasan Tanjung Lesung dan untuk menunjang percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional. Untuk menunjang dikembangkannya KEK Tanjung Lesung, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional maka dibangunlah Jalan Tol Serang-Panimbang yang menghubungkan antara Jalan Tol Jakarta-Merak dengan KEK Tanjung Lesung.

Investasi pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dinilai sebagai salah satu instrumen kebijakan untuk pembangunan ekonomi atau pengembangan regional maka perlu
dipertimbangkan investasi tersebut sebagai strategi aktif, yang didalam pembangunannya dapat mengundang peran serta tidak hanya pemerintah tapi juga investor swasta. Peran investor swasta sangat penting dalam strategi pendanaan proyek infrastruktur karena keterbatasan anggaran dari pemerintah (APBN). Karena keterbatasan anggaran tersebut, maka digunakanlah skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Dalam rangka penerapan KPBU di Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., dan PT Jababeka Infrastruktur telah membuat suatu perjanjian kerja sama pembentukan perusahaan pengelola jalan tol Serang – Panimbang yang diberi nama PT WIJAYA KARYA SERANG PANIMBANG. Untuk PT Wijaya Karya sendiri berperan sebagai kontraktor untuk main road sedangkan PT Pembangunan perumahan berperan sebagai kontraktor untuk interchange.
Jalan Tol Serang Panimbang sepanjang 83,677 km menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Merak dengan daerah-daerah di Selatan Provinsi Banten seperti kawasan Lebak,
Pandeglang, hingga Tanjung Lesung.

Jalan tol ini terdiri dari 3 seksi, yaitu:
• Seksi 1 STA 00+000 – 26+950
• Seksi 2 STA 26+950 – 50+677
• Seksi 3 STA 50+677 – 83+677

Seksi 1 jalan tol ini terdiri dari 1 Junction di Walantaka dan 3 Interchange (Cikeusal, Petir, dan Rangkasbitung), Seksi 2 terdiri dari 2 interchange (Cikulur dan
Cileles), dan Seksi 3 terdiri dari 2 interchange (Bojong dan Pagelaran) dan 1 Exit Toll di Panimbang. Jalan tol ini menggunakan banyak jenis metode pekerjaan karena medan di lapangan yang sangat bervariasi mulai dari tanah keras di sisi Utara hingga tanah persawahan yang lunak dan tanah galian yang ekspansif di sisi Selatan. Selain medan
pekerjaan, kondisi-kondisi khusus seperti pipa gas PGN yang bersinggungan dengan jalan tol dan adanya jalur kereta api yang memotong jalan tol membutuhkan metode
Laporan Kerja Praktik ITS – Faisal dan Daniel 9 khusus untuk menanganinya. Dengan jenis pekerjaan yang beragam dan permasalahan di lapangan yang cukup kompleks membuat kami tertarik untuk melakukan Kerja Praktik di proyek ini.

Kegiatan Kerja Praktik di Tol Serang-Panimbang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman lapangan/visual pelaksanaan konstruksi dalam suatu proyek kepada kami sebagai bagian dari upaya memperkenalkan profesi dan pengalaman kerja dalam bidang Teknik Sipil. Lingkup kerja praktik dibatasi pada tahap observasi yang diharapkan dapat memberikan wawasan/pengenalan awal bagi mahasiswa terhadap situasi nyata di lapangan. Kerja praktik ini penting untuk dilaksanakan agar mahasiswa tidak hanya memahami teori di kelas, melainkan juga memiliki pengalaman nyata berupa penerapan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di dunia nyata dan hasil yang didapatkan akan dituangkan dalam laporan ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pile continuous beam, PCI girder, beton
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faisal Emir Yusuf
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:13
Last Modified: 04 Apr 2023 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82450

Actions (login required)

View Item View Item