Perancangan Jembatan Semujur dengan Jembatan Busur Box Baja Diagonal sebagai Icon Kota Pangkal Pinang

Alghiffary, Rizqi (2021) Perancangan Jembatan Semujur dengan Jembatan Busur Box Baja Diagonal sebagai Icon Kota Pangkal Pinang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000005-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111740000005-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, transportasi merupakan bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu struktur yang dapat menunjang transportasi adalah Jembatan. Untuk memenuhi dan meunjang kebutuhan transportasi, Pemerintah Kota Pangkal Pinang akan merencanakan pembangunan Jembatan Semujur. Jembatan ini diharapkan menjadi jembatan penghubung baru untuk memangkas waktu perjalanan di Kota Pangkal Pinang.
Jembatan Semujur dengan lebar 20 meter dengan panjang total 100 meter direncanakan menggunakan jembatan busur baja karena jembatan busur dapat mengurangi momen lentur pada jembatan (Martin, B.T, 2016). Jembatan semujur menggunakan penampang box girder karena jembatan busur dengan penampang box baja dinilai lebih ekonomis serta mempunyai kekuatan lentur dan kekakuan torsi yang lebih tinggi (Chen, Wai-Fah, 2014). Jembatan Semujur juga akan didesain dengan busur diagonal. Dengan desain konstruksi yang baru diharapkan menjadi jembatan yang kuat secara struktur, baik terhadap beban gempa maupun beban dinamis jembatan.
Dari analisa yang dilakukan, didapatkan struktur sekunder pada perencanaan ini terdiri atas pelat lantai kendaraan dengan tebal 0,25 m dan aspal dengan tebal 0,05 m, gelagar memanjang WF 600x300x14x23, gelagar melintang GIRDER 1500x400x30x30, tie beam BOX GIRDER2500x2000x40x40, dan Kabel penggantung Macalloy 520 (M100) dengan diameter 97 mm.
Untuk permodelan struktur utama jembatan busur menggunakan Program Bantu MIDAS. Didapatkan penampang busur profil BOXGIRDER2500x4000x40x40, perletakan yang digunakan untuk Penampang Busur menggunakan perletakan sendi dan untuk Lantai Kendaraan menggunakan perletakan sendi dan rol serta struktur bawah pada Penampang Busur menggunakan pilecap 18 m x 18 m dengan tebal 1,5 m, dan bored pile diameter 1,2 m kedalaman 22 m sebanyak 36 buah.
======================================================================================================
In the current era of globalization, transportation is an important part of social life. One of the structures that can support transportation is a bridge. To meet and support transportation needs, the Government of Pangkal Pinang will plan the construction of the Semujur Bridge. This bridge is expected to become a new connecting bridge to reduce travel time in Pangkal Pinang City.
The Semujur Bridge with a width of 20 meters with a total length of 100 meters is planned to use a steel arc bridge because the arc bridge can reduce the bending moment on the bridge (Martin, B.T, 2016). The longitudinal bridge uses a box girder section because the arc bridge with a box steel section is more economical and has higher bending strength and torsional stiffness (Chen, Wai-Fah, 2014). The Semujur Bridge will also be designed with a diagonal arc. With the new construction design, it is expected to be a structurally strong bridge, both against earthquake loads and dynamic loads of the bridge.
From the analysis, it was found that the secondary structure in this plan consisted of a vehicle floor plate with a thickness of 0.25 m and asphalt with a thickness of 0.05 m, a longitudinal girder WF 600x300x14x23, transverse girder GIRDER1500x400x30x30, tie beam BOX GIRDER2500x2000x40x40, and hanger Macalloy 520 (M100) with a diameter of 97 mm.
For modeling the main structure of the arch bridge using the MIDAS Support Program. Arch section of the BOXGIRDER profile is obtained 2500x4000x40x40, the placement used for the Arc Section uses joint and for Vehicle Floors using joint and rol and the lower structure of the Arch Section using pilecap18 m x 18 m with a thickness of 1.5 m, and a bored pile of 1.2 diameter. depth of 22 m as many as 36 pieces.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Busur Baja Diagonal, Girder, Kabel Penggantung, Box Girder, Diagonal Steel Arch Bridge, Girder, Hanger.
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering > TG362 Box girder bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizqi Alghiffary
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:39
Last Modified: 18 Jan 2024 13:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82699

Actions (login required)

View Item View Item