Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Gedung Di Kota Surabaya

Cittopacama, Bima Wira Kumara (2021) Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Gedung Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000056_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000056_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan sarana dan prasarana seperti pembangunan gedung perkantoran, apartemen, hotel dan pusat perbelanjaan di Surabaya, ibu Kota provinsi Jawa Timur, sedang berkembang pesat. Dalam proses pembangunannya, selalu ada potensi resiko dan bahaya kecelakaan yang akan terjadi. Dengan ini, penerapan K3 pada proyek konstruksi ialah berperan penting untuk menjaga, melindungi, dan menciptakan lingkungan yang aman.
Pelaksanaan K3 sangatlah penting untuk menunjang keselamatan dan keberlangsungan proyek dengan harapan zero accident selama proses proyek berlangsung. Seharusnya pada pengerjaan proyek konstruksi, pengimplementasian program K3 harus diperhatikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan program K3 dalam proyek konstruksi gedung dan juga kendala yang terjadi dalam proses implementasi program K3.
Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada 8 proyek konstruksi gedung konstruksi di Kota Surabaya dengan 5 gedung dengan jumlah diatas 5 lantai dan 3 gedung memiliki jumlah lantai hingga 5. Untuk total Jumlah responden dari proses penyebaran kuesioner ini berjumlah 24 responden. Setelah disebarkannya kuesioner, analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu metode mean dan standar deviasi. Setelah dilakukan penelitian terdapat hasil bahwa gedung yang memiliki jumlah lantai 5 keatas sudah melaksanakan program K3 dengan baik dalam semua variabel. Untuk variabelnya sendiri yaitu Kelengkapan pada site, keamanan tempat dalam bekerja, peralatan kerja, pakaian kerja (APD), kebakaran, perlindungan terhadap publik, kesehatan kerja, kebijakan K3, inspeksi dan audit. Sedangkan untuk gedung dengan jumlah lantai hingga 5 masih kurang baik. Adapun aspek yang baik dalam proses implementasi pada gedung hingga 5 lantai hanya pada aspek peralatan kerja. Adapun terjadi beberapa kendala dalam proses implementasinya yakni minimnya angaran dana dari perusahaan, luas lahan yang terbatas, sulitnya mencari tenaga ahli dan perusahan lebih memilih memberikan bonus dari pada asuransi untuk pekerja. K3 diimplementasikan pada kondisi pandemi melalui kegiatan dengan menggunakan masker selama di tempat proyek, dilakukan pengecakan suhu tubuh pada awal mau memasuki lokasi proyek dan juga cuci tangan/menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki lokasi proyek.
====================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, K3, Surabaya,Construction, Health, Safety, Surabaya
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bima Wira Kumara Cittopacama
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:18
Last Modified: 01 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82997

Actions (login required)

View Item View Item