Maharani, I Gusti Ayu Pramoedya (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavioural Intention pada Situs Ecotourism: Studi Kasus di Kab. Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
09111740000009_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ecotourism merupakan alternatif pariwisata konvensional, dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dengan lebih mengutamakan aspek konservasi sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan. Terdapat beberapa situs-situs ecotourism populer di Indonesia, salah satunya Kab. Banyuwangi. Berbagai capaian prestasi serta pertumbuhan wisatawan yang signifikan dalam lima tahun belakang, menjadikan wilayah Kab. Banyuwangi dipandang sebagai ikon situs ecotourism di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, maka pengelola wisata dan pemerintah daerah perlu mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan wisatawan dapat terus terkontrol dan meningkat pertumbuhannya. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dapat dilakukan salah satunya dengan menciptakan niat perilaku wisatawan (behavioural intention). Dalam upaya membangun niat perilaku wisatawan, pengelola wisata dan pemerintah perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat perilaku atau behavioural intention wisatawan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi behavioural intention wisatawan pada situ ecotourism di Kab. Banyuwangi Dengan mengetahui faktor pengaruh behavioural intention diharapkan pengelola wisata dan pemerintah daerah mendapatkan wawasan yang lebih baik dalam menentukan strategi yang dapat diadopsi guna meningkatkan sikap dan minat positif konsumen terhadap ecotourism di Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan SEM. Pada penelitian ini terdapat 6 hipotesis yang diterima yang menyatakan bahwa ditemukan pengaruh positif dan signifikan pada variabel Subjective norm dan Destination image terhadap Ecotourism behavioural intention. Selanjutnya ditemukan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Ecotourism self-identity dan Subjective norm. Hasil lainnya ditemukan bahwa Biospheric value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Environmental attitude, serta pada variabel Future time perspective dan Destination image ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Environmental concern. Mayoritas responden pada penelitian ini mengakui bahwa mereka merupakan individu yang memiliki kecintaan terhadap alam dan kesediaan untuk membuang sampah pada tempatnya. Disertakan pula implikasi manajerial yang ditujukan pada pengelola destinasi ecotourism beserta elemen yang bertugas
=============================================================================================
Ecotourism is an alternative to conventional tourism, where tourists can enjoy natural scenery by prioritizing conservation aspects as a form of responsibility for the environment. There are several popular ecotourism sites in Indonesia, one of which is Kab. Banyuwangi. Various achievements and significant tourist growth in the past five years, made the Kab. Banyuwangi is seen as an icon of ecotourism sites in Indonesia. With this, tourism managers and local governments need to optimize the existing tourism potential. This is done so that tourist growth can continue to be controlled and increase its growth. One of the ways to increase the number of tourist visits is by creating behavioral intention. In an effort to build tourist behavioral intentions, tourism managers and the government need to know what factors can influence tourists' behavioral intentions. Therefore, this study was conducted to analyze the factors that influence the behavioral intention of tourists to ecotourism in the district. Banyuwangi By knowing the influencing factors of behavioral intention, it is hoped that tourism managers and local governments will get better insights in determining strategies that can be adopted to increase consumer attitudes and positive interests towards ecotourism in Banyuwangi. This research was conducted with a quantitative approach. To achieve these objectives, the data processing and analysis techniques in this study used descriptive analysis and SEM. In this study, there are 6 accepted hypotheses which state that there is a positive and significant influence on the Subjective norm and Destination image variables on Ecotourism behavioral intention. Furthermore, it was found a positive and significant influence between the Ecotourism self-identity variable and the Subjective norm. Other results found that Biospheric value has a positive and significant effect on environmental attitude, as well as the Future time perspective and Destination image variables were found to have a positive and significant effect on the Environmental Concern variable. The majority of respondents in this study admitted that they are individuals who have a love for nature and a willingness to dispose of garbage in its place. Also included are managerial implications aimed at the ecotourism destination manager and the elements in charge.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Behavioural Intention, Ecotourism, Kab. Banyuwangi, SEM. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | I Gusti Ayu Pramoedya Maharani |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 04:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/83259 |
Actions (login required)
View Item |