Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Online Food Delivery di Masa Pandemi Covid-19

Putri, Nabila Sarita (2021) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Online Food Delivery di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111740000070-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111740000070-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dunia digemparkan oleh wabah penyakit menular mematikan yang disebabkan oleh virus corona dan WHO telah mendeklarasikan COVID-19 sebagai pandemi. Indonesia mengalami 1,23 juta kasus positif COVID-19 dan terus mengalami peningkatan sehingga mendorong pemerintah Indonesia untuk mengambil kebijakan bekerja dari rumah, pembatasan fisik, dan PSBB yang menyebabkan respon masyarakat Indonesia menjadi lebih berhati-hati untuk tidak keluar rumah. Hal ini menimbulkan perilaku konsumen baru di tengah masyarakat. Masyarakat menghindari makan di tempat maupun berkerumun di tengah fasilitas publik. Sehingga berdampak secara langsung terhadap penurunan pendapatan harian UMKM khususnya pada sektor makanan mencapai 37 persen. Di sisi lain, aktif di dalam rumah, membuat masyarakat intens menggunakan internet dan cenderung beralih ke layanan online food delivery untuk memenuhi belanja kebutuhan pokok dan makanan siap saji. Pemesanan secara daring ini beralih dari pemesanan sesekali ke pemesanan secara berlanjut sehingga menunjukkan peningkatan pemakaian online food delivery sebesar 43,2 persen. Penelitian ini menggunakan model teoritis komprehensif yang mengintegrasikan variabel dari ECM dan UTAUT2 yang dikembangkan oleh Bhattacherjee dan Venkatesh untuk menyelidiki faktor yang mempengaruhi niat keberlanjutan pada penggunaan online food delivery selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan kuisioner online dan dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan jumlah responden 356 orang yang menggunakan layanan online food delivery setidaknya sekali selama dan sebelum pandemi. Hasil menunjukkan bahwa faktor yang secara positif mempengaruhi niat keberlanjutan penggunaan layanan online food delivery secara langsung adalah variabel kepuasan dan kebiasaan pengguna. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan bagi pelaku bisnis kuliner maupun perusahaan layanan jasa pesan antar makanan diantaranya pesan antar tanpa kontak, pembuatan ghost kitchen untuk memperlebar jangkaun pasar di titik strategis, hingga penambahan fitur wisata kuliner secara daring agar pengguna bisa merasakan pengalaman seperti makan di tempat sambil melihat proses pemasakan walaupun dalam kondisi pandemi.
==================================================================================================
The world has been shocked by an epidemic of deadly infectious diseases caused by the corona virus and WHO has declared COVID-19 a pandemic. Indonesia experienced 1.23 million positive cases of COVID-19 and it continues to increase which encourages the Indonesian government to adopt a work from home policy, physical distancing and PSBB which causes the response of the Indonesian people to be more careful not to leave the house. This causes new consumer behavior in society. People avoid eating out or dine in or crowd out in public facilities. It has a direct impact on reducing the daily income of MSMEs, especially in the food sector, reaching 37 percent. On the other hand, being active at home makes people use the internet intensely and tends to switch to online food delivery services to meet shopping for basic necessities and ready-to-eat food. This online ordering shifted from occasional to continuous ordering, indicating an increase in online food delivery usage by 43.2 percent. This study uses a comprehensive theoretical model that integrates variables from ECM and UTAUT2 developed by Bhattacherjee and Venkatesh to investigate the factors that influence the continuance intention of using online food delivery during the COVID-19 pandemic. This study used an online questionnaire and analyzed using PLS-SEM with 356 respondents users of online food delivery services at least once during and before the pandemic. The results show that the factors that positively influence the intention to directly use online food delivery services are the user satisfaction and habits. Managerial implications that can be applied to culinary businesses and food delivery service companies include zero touch delivery, implementing ghost kitchen, adding culinary tourism online features so users can experience like dine-in on the spot while watching the cooking process even in pandemic condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: online food delivery, dine in, offline, online, physical distancing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabila Sarita Putri
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:18
Last Modified: 04 Mar 2021 01:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83355

Actions (login required)

View Item View Item