Tutorial Pembuatan Rencana Anggaran Biaya Dan Penjadwalan Proyek (Contoh Proyek Perencanaan Pembangunan Apartemen 6 Lantai)

Ganinda, Dhimas Fadhlulloh and Damayanti, Safira Rachmasari (2021) Tutorial Pembuatan Rencana Anggaran Biaya Dan Penjadwalan Proyek (Contoh Proyek Perencanaan Pembangunan Apartemen 6 Lantai). Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111640000142_03111640000152-Project_Report.pdf]
Preview
Text
03111640000142_03111640000152-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proyek merupakan pelaksanaan suatu bangunan mulai dari perencanaan sampai bangunan terwujud. Untuk mendirikan suatu bangunan, maka perlu terlebih dahulu mengetahui lokasi dan luas tanah. Kendala yang sering dihadapi dalam pembangunan konstruksi adalah besarnya biaya yang direncanakan untuk pembangunan tersebut. Oleh karena itu sebelum pekerjaan konstruksi dikerjakan, sebaiknya perencana menyusun terlebih dahulu rencana anggaran biaya dari bangunan yang akan didirikan serta merencanakan penjadwalan proyek dengan baik.
Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah salah satu proses utama dalam suatu proyek karena merupakan dasar untuk membuat penawaran sistem pembiayaan dan kerangka budget yang akan dikeluarkan. Rencana Anggaran Biaya diperlukan untuk memperhitungkan suatu bangunan atau proyek dengan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya- biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek. Dalam proyek selain dari anggaran itu sendiri, penjadwalan dan manajemen proyek sangat penting dalam pelaksanaannya. Proyek juga mementingkan efisiensi waktu pelaksanaan yang harus direncanakan secara cepat dan efisien, sehingga sebelum memulai suatu proyek maka haruslah dibuat timeline kegiatan sehingga proyek dapat berjalan secara sistematis dan terstruktur dengan baik dan benar.
Pada laporan ini, penulis merencanakan anggaran biaya dan penjadwalan proyek pada perencanaan Apartemen 6 Lantai. Hasil akhir dari Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan Proyek yang direncanakan pada perencanaan Apartemen 6 lantai ini didapatkan bahwa ada langkah-langkah pembuatan RAB yaitu menentukan Work Breakdown Structure (WBS), menghitung volume pekerjaan, menghitung Analisa Harga Satuan (AHSP), menentukan Bill of Quantity (BoQ), dan melakukan rekapitulasi RAB. Dari hasil perencanaan RAB pada perencanaan Apartemen 6 lantai untuk seluruh item pekerjaan didapatkan sebesar Rp 19.800.000.000 dan hasil penjadwalan proyek dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan pada perencanaan Apartemen 6 lantai yaitu selama 289 hari.
======================================================================================================
Project is implementation of a building starts from planning to be built. To build a building, we have to know location and land area. The obstacle which is often faced in construction is cost. Therefore, before construction starts, it is better to make cost plan and also project planning.
Estimate cost is a main process in a project because it is a basis to make a deal of budget cost and outline budget to spend. Estimate cost is needed to count a building or a project, as how many costs needed for materials and wages, also other costs related to build a building or project. In a project, beside estimate cost, it is importance to make schedule and project management. A project emphasizes time efficiency which must be planned properly, and before starting a project, a timeline must be created so that a project can be systematically and structurally done.
In this report, the writer plots estimate cost and project schedule for 6th floor apartment. The result is there are 6 steps to make estimate cost, first determine Work Breakdown Structure (WBS), count volume of work, count analysis of unit work (AHSP), determine Bill of Quantity (BoQ), and do recapitulation estimate cost. From counting, all items of estimate cost, the writer found Rp 19.800.000.000 and project schedule to finish all work for 289 days.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Rencana Anggaran Biaya (RAB), Penjadwalan Proyek, Ms. Project, Project Cost Estimate, Project Schedule, Ms. Project.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1391 Apartment houses
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: SAFIRA RACHMASARI DAMAYANTI
Date Deposited: 22 Jul 2021 09:03
Last Modified: 04 Apr 2023 07:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84421

Actions (login required)

View Item View Item