PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY)BETON SEMEN DIATAS PERKERASAN LENTUR BTS KOTA PACITAN – BTS KAB.PONOROGO, KM.SBY 248+900 – KM.SBY 251+900 PROVINSI JAWA TIMUR

Adi, Firmansyah Putra and Putera, Galih Ardiansyah (2016) PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY)BETON SEMEN DIATAS PERKERASAN LENTUR BTS KOTA PACITAN – BTS KAB.PONOROGO, KM.SBY 248+900 – KM.SBY 251+900 PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Abstract.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Conclusion.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (52MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan jalan Pacitan – Ponorogo ini merupakan jalan utama penghubung antara Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo. Terlebih lagi saat ini Pacitan banyak terdapat banyak wisata khususnya wisata alam seperti Pantai Klayar, Pantai banyu Tibo, Goa Gong, Goa Luweng Jaran dan masih banyak lagi, sehingga proyek ini bertujuan juga untuk mempermudah akses dari Ponorogo menuju daerah Pacitan bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Akses jalan ini merupakan yang terpendek dan tercepat menuju Pacitan dari arah Ponorogo. Jika jalan ini rusak maka para pengguna jalan dan wisatwan harus memutar agar sampai ke daerah Pacitan dengan menempuhjarak yang lebih jauh dan lebih lama lagi. Sehingga Perencanaan Lapis Tambah (Overlay) diatas Perkerasan Lentur BTS.Kota Pacitan – BTS Kab.Ponorogo KM.SBY 249+900 – KM.SBY 251+900 bertujuan untuk dapat memenuhi dan melayani volume kendaraan yang akan menuju Pacitan dari arah Ponorogo maupun sebaliknya. Pada perencanaan proyek jalan ini metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Geometrik Jalan Antar Kota (RSNI T-14-2004), perhitungan tebal perkerasan jalan beton semen pada jalan ini menggunakan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Perencanaan drainase dengan menggunakan Tata Cara Drainase Permukaan Jalan (SNI 03-3424-1994), dan rencana anggaran biaya dengan menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya. Dari hasil perhitungan perencanaan pada proyek Jalan Bts.Kota Pacitan – Bts.Kab. Ponorogo diperoleh analisa kapasitas jalan dengan DS 0.73 pada akhir umur rencana sehingga belum diperlukan pelebaran jalan. Perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan perkerasan kakudiperoleh tebal beton K-350 21.5 cm dan stabilisasi tanah dasar dengan CBK 10 cm dengan umur rencana 20 tahun. Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase) bebentuk trapesium dengan bahan terbuat dari pasangan batu kali diperoleh dimensi b=0.3 m, d=0.5 m, dan w=0.5 m. Anggaran yang diperlukan untuk melakukan pembangunan proyek ini sebesar Rp22.287.850.000 terbilang “Dua Puluh Dua Milyar Dua Ratus Delapan Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah”.Dengan adanya pembangunan proyek ini dengan umur rencana 20 tahun diharapkan mempermudah akses dari Pacitan ke Ponorogo maupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beton Semen, Tebal Perkerasan, Geometrik, Drainase, Rigid Pavement,Thick of Plate, Geometry, Drainage
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:24
Last Modified: 26 Dec 2018 03:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item