PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY)BETON SEMEN DIATAS PERKERASAN LENTUR BTS KOTA PACITAN – BTS KAB.PONOROGO, KM.SBY 248+900 – KM.SBY 251+900 PROVINSI JAWA TIMUR

Adi, Firmansyah Putra and Putera, Galih Ardiansyah (2016) PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY)BETON SEMEN DIATAS PERKERASAN LENTUR BTS KOTA PACITAN – BTS KAB.PONOROGO, KM.SBY 248+900 – KM.SBY 251+900 PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113030072-3113030096-Abstract.pdf]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Abstract.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3113030072-3113030096-Conclusion.pdf]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Conclusion.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 3113030072-3113030096-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
3113030072-3113030096-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (52MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan jalan Pacitan – Ponorogo ini
merupakan jalan utama penghubung antara Kabupaten Pacitan dan
Kabupaten Ponorogo. Terlebih lagi saat ini Pacitan banyak terdapat
banyak wisata khususnya wisata alam seperti Pantai Klayar, Pantai
banyu Tibo, Goa Gong, Goa Luweng Jaran dan masih banyak lagi,
sehingga proyek ini bertujuan juga untuk mempermudah akses
dari Ponorogo menuju daerah Pacitan bagi wisatawan yang ingin
berkunjung kesana. Akses jalan ini merupakan yang terpendek dan
tercepat menuju Pacitan dari arah Ponorogo. Jika jalan ini rusak
maka para pengguna jalan dan wisatwan harus memutar agar
sampai ke daerah Pacitan dengan menempuhjarak yang lebih jauh
dan lebih lama lagi. Sehingga Perencanaan Lapis Tambah
(Overlay) diatas Perkerasan Lentur BTS.Kota Pacitan – BTS
Kab.Ponorogo KM.SBY 249+900 – KM.SBY 251+900 bertujuan
untuk dapat memenuhi dan melayani volume kendaraan yang akan
menuju Pacitan dari arah Ponorogo maupun sebaliknya.
Pada perencanaan proyek jalan ini metode yang digunakan
pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan dengan
menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
1997. Kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Geometrik
Jalan Antar Kota (RSNI T-14-2004), perhitungan tebal perkerasan
jalan beton semen pada jalan ini menggunakan Perencanaan
Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). Perencanaan
drainase dengan menggunakan Tata Cara Drainase Permukaan
Jalan (SNI 03-3424-1994), dan rencana anggaran biaya dengan
menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok Kegiatan
(HSPK) Surabaya.
Dari hasil perhitungan perencanaan pada proyek Jalan
Bts.Kota Pacitan – Bts.Kab. Ponorogo diperoleh analisa kapasitas
jalan dengan DS 0.73 pada akhir umur rencana sehingga belum
diperlukan pelebaran jalan. Perencanaan tebal perkerasan jalan
menggunakan perkerasan kakudiperoleh tebal beton K-350 21.5
cm dan stabilisasi tanah dasar dengan CBK 10 cm dengan umur
rencana 20 tahun. Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase)
bebentuk trapesium dengan bahan terbuat dari pasangan batu kali
diperoleh dimensi b=0.3 m, d=0.5 m, dan w=0.5 m. Anggaran yang
diperlukan untuk melakukan pembangunan proyek ini sebesar
Rp22.287.850.000 terbilang “Dua Puluh Dua Milyar Dua Ratus
Delapan Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu
Rupiah”.Dengan adanya pembangunan proyek ini dengan umur
rencana 20 tahun diharapkan mempermudah akses dari Pacitan ke
Ponorogo maupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beton Semen, Tebal Perkerasan, Geometrik, Drainase, Rigid Pavement,Thick of Plate, Geometry, Drainage
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:24
Last Modified: 26 Dec 2018 03:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item