Implementasi Algoritme Procedural Content Generation Menggunakan Lindenmayer System untuk Membuat Dunia Tiga Dimensi bagi Permainan Bergenre Dungeon Crawler

Aziz, Ahmad Yahya Abdul (2021) Implementasi Algoritme Procedural Content Generation Menggunakan Lindenmayer System untuk Membuat Dunia Tiga Dimensi bagi Permainan Bergenre Dungeon Crawler. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111740000128-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111740000128-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dungeon crawler merupakan genre game dimana pemain mengeksplorasi dunia berbentuk labirin untuk mengoleksi elemen-elemen dari game. Pada game bergenre ini umumnya dunia disusun secara manual. Penyusunan ini akan membuat pemain melakukan hal yang sama secara terus-menerus yang membuat game menjadi monoton dan dapat diprediksi. Untuk itu developer perlu menyediakan berbagai labirin di dalam game tersebut agar game tidak monoton. Namun demikian, penyusunan dunia yang seperti ini akan memakan waktu yang lama.
Saat ini sudah terdapat algoritma Procedural Content Generation yang memungkinkan untuk membangkitkan dunia secara otomatis, sehingga tidak membuang waktu yang lama. Dengan mengimplementasikan PCG menggunakan Lindenmayer System, Tugas Akhir ini bertujuan membuat sistem yang membangkitkan dunia berbentuk labirin yang terstruktur secara otomatis. Hasil implementasi sistem ini memungkinkan dunia yang dibuat berubah-ubah sehingga tidak dapat diprediksi. Tugas Akhir ini diharapkan dapat menghasilkan implementasi dalam pembuatan dunia secara otomatis sebagai kontribusi dalam perkembangan teknologi pada industri game terutama genre Dungeon Crawler.
Dengan menggunakan beberapa metode pengujian, sistem dilakukan pengujian dengan membangkitkan dunia menggunakan tile minimal yang dibutuhkan dengan hasil sistem telah memenuhi batasan minimalnya. Sistem juga dilakukan pengujian kepada tester dan hasilnya mendapat respon baik dari pengguna.
======================================================================================================
Dungeon crawler is a genre game where player explore a
labyrinth world to collect the game elements. In this kind of games,
generally the world is arranged manually. This arrangement will
makes player do the same thing continously that makes the game
monotone and predictable. That’s why the developer need to
provides various labyrinth in the game so that it’s not monotonous.
However, this world arrangement will cost a lot of time.
Nowadays, there are already Procedural Content
Generation algorithm which allows to generate a world
automatically, so that it’s not time consuming. By implementing
PCG using Lindenmayer System, this Final Project intends to make
a system that generates structured labyrinth world automatically.
This implementation allows the system to create a various form of
world so that it’s unpredictable. We expect this Final Project can
produce implementation in generating world automatically as a
contribution in technology development on game industry
especially Dungeon Crawler games.
By using several testing methods, the system tested by
generating world using minimal tiles required with result the
xii
system has met the minimal requirement. The system also tested by
using tester to evaluate and received positive response from them.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Procedural World Generation, Lindenmayer System, Three Dimensional, Dungeon Crawler, Procedural World Generation, Lindenmayer System, Tiga Dimensi, Dungeon Crawler
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Yahya Abdul Aziz
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:04
Last Modified: 02 Aug 2021 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84684

Actions (login required)

View Item View Item