ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA ANTARA METODE ALUMINIUM FORMWORK DAN METODE TABLE FORMWORK PADA PELAT LANTAI PROYEK APARTEMEN TOWER OLIVE GRAND DHARMAHUSADA LAGOON SURABAYA

Maulida, Shelvira Asri (2021) ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA ANTARA METODE ALUMINIUM FORMWORK DAN METODE TABLE FORMWORK PADA PELAT LANTAI PROYEK APARTEMEN TOWER OLIVE GRAND DHARMAHUSADA LAGOON SURABAYA. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111710010010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111710010010-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut perusahaan-perusahaan swasta maupun negeri bersaing untuk mengembangkan bisnis properti sebagai investasi di era modern saat ini. Salah satu diantaranya adalah bangunan bertingkat berupa apartemen, rumah susun, hotel, dan infrastruktur lainnya. Oleh sebab itu, perusahaan jasa konstruksi dituntut untuk mampu memiliki inovasi teknologi terbaru dalam pengembangan metode pelaksanaanya. Salah satunya dengan mengembangkan metode bekisting yang berperan penting untuk menghasilkan kualitas komponen struktur. Bekisting merupakan konstruksi non permanen sebagai cetakan untuk membentuk beton. Jenis bahan yang digunakan dalam konstruksi bekisting sangat berpengaruh pada waktu dan biaya pelaksanaan suatu proyek. Sebanyak 40%-60% dari biaya beton dihabiskan untuk pekerjaan bekisting. Maka dari itu metode bekisting yang akan dibahas dalam tugas akhir ini merupakan perbandingan pekerjaan pelat lantai antara metode Aluminium Formwork dan metode Table Formwork.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penyusunan tugas akhir ini dengan menggunakan dua metode data. Pertama menggunakan data primer yang diperoleh dari observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sedengakan metode yang kedua yaitu data sekunder dengan menggunakan data-data proyek (RKS, shop drawing, dst) dan studi pustaka. Perhitungan waktu dan biaya pelaksanaan antara Aluminium Formwork dan Table Formwork menggunakan referensi utama dari Ir. A. Soedrajat S, Analisa (cara modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan Penerbit “Nova” Bandung, referensi dari penlitian terdahulu, dan harga survey di area Kota Surabaya tahun 2021.
Penelitian ini meninjau pada proyek pembangunan apartemen Tower Olive Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya dengan membandingkan metode antara Aluminium Formwork dan Table Formwork pada pekerjaan pelat terhadap waktu dan biaya. Lantai yang ditinjau pada penelitian ini mulai dari lantai 4 sampai dengan 11. Diperoleh hasil dari pengolahan data yang ada bahwa aluminium formwork dapat diselesaikan dengan durasi 135 hari sedangkan table formwork 163 hari. Ditinjau dari segi biaya total pekerjaan struktur pada metode aluminium formwork menghabiskan total biaya Rp 12.715.242.704 sedangkan metode table formwork mencapai Rp 13.746.741.190. Maka, ditinjau dari segi waktu dan biaya yang baik digunakan pada proyek ini adalah metode aluminium formwork
===================================================================================================
Recently, an advancement of technology force private and public companies to compete to build property industry as an investment. They are multi-story buildings, such as apartments, flats, hotels, and other infrastructure. As a result, building service firms must be able to create an up-to-date tecnological advancements. This advancements lead to a formwork method which can produced a high quality structural components. Formwork is a non-permanent structure to create concrete. The type of material used in formwork construction has a significant impact on the duration and expense of a project's implementation. Formwork accounts for 40% to 60 % of the total cost of concrete. As a result, the final project's formwork method will be a comparison of floor slab work between the aluminum formwork and the table formwork.
In this study, two data approaches were used to gather information. The primary data obtained from field observations, interviews, and documentation. Meanwhile, project data such as RKS, shop drawings, and literature will be used as a secondary data. The calculation of time and cost for aluminum formwork and table formwork refers to “Analisa (cara modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan” published by Nova, previous study, and price-survey in Surabaya 2021.
This study compares the methods of aluminum formwork and table formwork on slab work against time and cost in the construction of Olive Tower Grand Dharmahusada Lagoon apartment in Surabaya. The floors examined in this study ranged from 4 to 11. The findings of processing existing data shows that aluminum formwork takes 135 days to complete, whereas table formwork takes 163 days. The overall cost of structural work using the aluminum formwork method was Rp. 12,715,242,704, while the total cost using the table formwork approach was Rp 13.746.741.190. So, in terms of time and money, the aluminum formwork approach is the ideal choice for this contruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: waktu, biaya, aluminium formwork, table formwork time, cost, aluminum formwork, table formwork
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Shelvira Asri Maulida
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:18
Last Modified: 16 Jan 2024 16:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89615

Actions (login required)

View Item View Item