Perancangan Brand Identity Wisata Terintegrasi Dieng Plateau Geopark

Sianturi, Leo Tiopan (2021) Perancangan Brand Identity Wisata Terintegrasi Dieng Plateau Geopark. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000086-Undergraduate_thesis_.pdf]
Preview
Text
08311640000086-Undergraduate_thesis_.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dieng Plateau, atau lebih dikenal dengan Dieng atau Dataran Tinggi Dieng, merupakan daerah yang terletak di Batur Banjanegara, Jawa Tengah sebagai salah satu Dataran tinggi yang dimiliki oleh Pulau Jawa hasil dari aktifitas Vulkanik. Dataran Tinggi ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak lama, seperti halnya masyarakat beragama Hindu membuat beberapa candi. Dari kegiatan vulkanik itu sendiri, menghasilkan berbagai bentuk wisata alam sebagai hasil dari reaksi akibat dari kegiatan vulkanik. Berbagai aktifitas tersebut menjadikan Dieng Plateau sebagai salah satu lokasi wisata yang memiliki beragam jenis wisata terkandung di dalamnya, membuat Dieng Plateau memiliki potensi besar dalam nilai jualnya. Melihat hal tersebut, pemerintah setempat mengupayakan untuk mengajukan Dieng Plateau, yang sekarang menyandang status sebagai warisan geologi, untuk dinaikan statusnya menjadi Geopark. Hal ini diangkat berdasarkan dorongan dari pemerintah untuk memberikan Dieng Plateau sistem pengolahan yang lebih baik, sesuai dengan penjelasan UNESCO mengenai pengertian tentang geopark. Dalam upaya tersebut, maka identitas brand untuk Dieng Plateau dibutuhkan untuk menetapkan value dan potensi yang dimiliki oleh Dieng Plateau itu sendiri. Dengan adanya brand dan identitas sendiri, Dieng Plateau dapat hadir ditengah masyarakat, dengan mudah dikenali, serta menggerakan operasional dan pengelolaan sesuai dengan konsep geopark yang sudah ditentukan, berdasarkan value dari brand itu sendiri dan juga sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Metode yang akan digunakan adalah metode studi literatur mengenai perancangan dan branding untuk tempat wisata, lalu observasi mengenai kondisi taman saat ini, dan pengambilan sample dengan wawancara dan/atau questioner untuk mengambil data dari sisi pengunjung ataupun warga lokal. Setelah Metode - metode tersebut dilakukan dan data sudah didapatkan, maka data - data tersebut akan diolah menggunaakn metode Design Process untuk proses eksekusi perancangan desain akhir dari Brand dan Identitas untuk Dieng Plateau Geopark.Tujuan dari perancangan ini adalah, untuk memperkenalkan Dieng Plateau Geopark sebagai wajah baru dari Kawasan Dataran Tinggi Dieng, yang memiliki kekayaan alam serta budaya yang terkandung didalamnya. Dengan adanya identitas brand yang terintegrasi, akan membuat brand Dieng Plateu Geopark lebih kuat sehingga tempat wisata ini dapat diperkenalkan dan dilihat oleh dunia sebagai salah satu anugrah alam dan sejarah, sehingga banyak orang yang tertarik dan datang mengunjunginya. Ouput dari perancangan ini adalah terbentuknya Brand Identity dari Dieng Plateau Geopark, yang tediri identitas primer dan sekunder, serta implementasinya terhadap media - media yang bermanfaat sebagai media pembantu mempertemukan identity terhadap audience
==================================================================================================================================
Dieng Plateau, or better known as Dieng or Dieng Plateau, is an area located in Batur Banjanegara, Central Java as one of the highlands owned by Java Island as a result of volcanic activity. This highland has been used by the community for a long time, just as the Hindu community made several temples. From the volcanic activity itself, it produces various forms of natural tourism as a result of reactions resulting from volcanic activities. These various activities make Dieng Plateau as a tourist location that has various types of tourism contained in it, making Dieng Plateau has great potential in selling value. Seeing this, the local government is trying to propose Dieng Plateau, which now has the status of a geological heritage, to be upgraded to a Geopark status. This was appointed based on the encouragement of the government to provide Dieng Plateau with a better management system, in accordance with UNESCO's explanation of the notion of geoparks. In this effort, a brand identity for Dieng Plateau is needed to determine the value and potential of Dieng Plateau itself. With its own brand and identity, Dieng Plateau can be present in the community, easily recognized, and drive operations and management according to the geopark concept that has been determined, based on the value of the brand itself and also in accordance with established procedures. The method that will be used is the literature study method regarding the design and branding for tourist attractions, then observations about the current condition of the park, and sampling with interviews and/or questionnaires to collect data from the side of visitors or local residents. After the methods have been carried out and the data has been obtained, the data will be processed using the Design Process method for the execution process of the final design design of the Brand and Identity for the Dieng Plateau Geopark. The purpose of this design is to introduce the Dieng Plateau Geopark as a new face of the Dieng Plateau Region, which has natural and cultural wealth contained therein. With an integrated brand identity, the Dieng Plateu Geopark brand will be stronger so that this tourist spot can be introduced and seen by the world as a gift of nature and history, so that many people are interested and come to visit it. The output of this design is the formation of the Brand Identity of the Dieng Plateau Geopark, which consists of primary and secondary identities, and its implementation on media that are useful as media to help bring together identity to the audience

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 741.6 Sia p-1 2021
Uncontrolled Keywords: Brand Identity, Geopark, Dieng Plateau, Integrated
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Leo Tiopan Liberty Exarlian Sianturi
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:35
Last Modified: 16 Oct 2023 09:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90993

Actions (login required)

View Item View Item