FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA UNTUK MELANJUTKAN PENGGUNAAN LAYANAN PINJAMAN ONLINE DI INDONESIA

MOH. HABIBUR ROHMAN, HABIB (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA UNTUK MELANJUTKAN PENGGUNAAN LAYANAN PINJAMAN ONLINE DI INDONESIA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 09111840000053_MOH. HABIBUR ROHMAN_Buku Skipsi.pdf] Text
09111840000053_MOH. HABIBUR ROHMAN_Buku Skipsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan manusia terhadap teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah kebutuhan primer manusia menjadi sandang, pangan, papan, dan TIK. Teknologi informasi dan komunikasi telah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali aspek keuangan dan memunculkan istilah baru yaitu Financial technology. Financial technology mendapatkan respon positif di Indonesia dan salah satu jenis financial technology yang mengalami perkembangan pesat adalah pinjaman online (fintech lending). Beberapa keunggulan dari fintech lending antara lain kemudahan akses, kecepatan proses, dan keragaman penawaran yang berhasil memikat 71 juta pengguna di tahun 2021. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa banyak factor yang menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk menggunakan layanan fintech lending. Namun, penelitian tersebut hanya berfokus pada niat ntuk menggunakan. Padahal, keberlanjutan penggunaan information system adalah hal utama untuk memastikan keberlangsungan hidup information system tersebut. Penelitian ini mempertanyakan factor apa saja yang memengaruhi pengguna fintech lending untuk melanjutkan penggunaan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan Expectation-Confirmation model dari SEM untuk mengungkapkan beberapa hasil statistic yang diikuti oleh interpretasi manajerial. Dari total 12 hipotesis penelitian, ada 11 hipotesis yang diterima. Terdapat 1 hipotesis yang tidak diterima dan dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan pengguna terhadap fintech lending tidak berpengaruh terhadap niat pengguna untuk melanjutkan penggunaan fintech lending.
============================================================================================
The human need for information and communication technology has
changed the primary human needs into clothing, food, shelter, and ICT.
Information and communication technology has touched almost all aspects of
human life, without exception the fi ancial aspect, and gave rise to a new term,
namely Financial technology. Financial technology has received a positive
response in Indonesia and one type of financial technology that is experiencing
rapid development is fintech lending. Some of the advantages of fintech lending
include the ease of access, the speed of the process, and the variety of offers that
managed to attract 71 million users in 2021. Previous research has proven that
many factors are considered by Indonesian people to use services fintech
lending. However, the study only focused on the intention to use. The continued
use of the information system is the main thing to ensure the survival of the
information system This study questions what factors influence fintech lending
users to continue using the service. This study uses the Expected-Confirmation
model from SEM to reveal some statistical results followed by managerial
interpretation. From a total of 12 research hypotheses, there are 11 accepted
hypotheses. There is 1 hypothesis that is not accepted and it can be concluded
that the user's perception of the usefulness of fintech lending does not affect the
user's intention to continue using fintech lending.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MOH. HABIBUR ROHMAN
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:13
Last Modified: 01 Nov 2022 01:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93501

Actions (login required)

View Item View Item