Ibnunaga, Kamal Pasya (2022) Pengaruh Financial Literacy, Manfaat Investasi, Dan Kredibilitas Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111840000143_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
09111840000143_Undergraduate_Thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
09111840000143_Undergraduate_Thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
09111840000143_Undergraduate_Thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat berdampak terhadap kemudahan dalam mendapatkan informasi dari media sosial dan peningkatan jumlah pengguna media sosial. Peningkatan jumlah pengguna media sosial tidak terlepas dari kemunculan social media influencer. Sebagai seseorang yang dapat mempengaruhi perilaku dan opini seseorang social media influencer harus memiliki kredibilitas yang baik sehingga para pengikutnya percaya terhadap perkataan maupun perbuatan yang dilakukan. Tidak hanya berpengaruh pada lifestyle, kehadiran social media influencer dapat mempengaruhi investasi. Hal ini karena investor memiliki kecenderungan herding behavior yang dapat mempengaruhi keputusan investasinya. Aksi ikut-ikutan dalam berinvestasi yang dilakukan oleh investor harus dibekali dengan literasi keuangan yang baik. Investor dituntut untuk memiliki literasi keuangan yang baik agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, pengetahuan akan kebermanfaatan investasi juga turut mempengaruhi minat seseorang dalam berinvestasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan bantuan google form. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Temuan penelitian ini adalah financial literacy dan kredibilitas social media influencer berpengaruh positif terhadap minat investasi generasi milenial di pasar modal Indonesia. Indikator yang paling berpengaruh pada variabel financial literacy adalah investasi, sedangkan pada variabel kredibilitas social media influencer indikator yang memiliki pengaruh paling kuat adalah expertise. Variabel manfaat investasi pada penelitian ini tidak berpengaruh terhadap variabel minat investasi. Implikasi manajerial yang diberikan kepada pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diantaranya adalah memaksimalkan penggunaan media sosial yang berkolaborasi dengan media sosial influencer sebagai sarana untuk menyebarkan awareness terkait pentingnya memiliki literasi keuangan yang baik sebelum berinvestasi di pasar modal Indonesia.
================================================================================================
Rapid technology development have impact on the easiness of getting information from social
media and cause an increase in the number of social media users. The increase in the number
of social media users is inseparable from the emerge of social media influencers. As someone
who has the ability to influence someone’s behavior and opinions, social media influencers
must have good credibility so that their followers believe their words and actions. Not only
affects lifestyle, the presence of social media influencers can affect investment. This is because
investors have a tendency to herding behavior that can affect their investment decisions. The
follow up action in investing carried out by investors must be equipped with good financial
literacy. Investors are required to have good financial literacy in order to generate maximum
profits. Financial literacy is closely related to capital management to invest. In addition,
knowledge of the benefits of investing also affects one's interest in investing. This study uses
primary data and data collection using questionnaires distributed online using google form.
The analysis is conducted by using Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS
– SEM). According to the findings of this study, financial literacy and the credibility of social
media influencers have a positive impact on the millennial generation's investment interest in
the Indonesian capital market. Investment is the most influential indicator on the financial
literacy variable, while expertise is the most influential indicator on the social media influencer
credibility variable. In this study, the investment benefit variable has no effect on the investment
interest variable. The managerial implications for the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the
Financial Services Authority (OJK) include maximizing the use of social media in collaboration
with social media influencers to raise awareness about the importance of having good financial
literacy before investing in the Indonesian capital market.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan, Manfaat Investasi, Kredibilitas Social Media Infleuncer, Minat Investasi, Generasi Milenial Financial Literacy, Investment Benefit, Social Media Influencer Credibility, Investment Interest, Milenial Generation |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Kamal Pasya Ibnunaga |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 06:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 06:37 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/94951 |
Actions (login required)
View Item |