Analisis Iklan Berdasarkan Kredibilitas Dan Sikap Terhadap Niat Beli Pada Produk Whitelab

Wibowo, Antonius Yoma (2022) Analisis Iklan Berdasarkan Kredibilitas Dan Sikap Terhadap Niat Beli Pada Produk Whitelab. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000078-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri kosmetik khususnya terus bertumbuh apalagi dengan adanya pandemi di Indonesia sejak tahun 2020. Pada tahun 2021 industri kimia, farmasi, dan obat tradisional tumbuh 9,61 persen, lebih tinggi dari tahun 2020 yang hanya berkisar 5,59 persen saja. Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di rumah menciptakan tren merawat kesehatan tubuh serta kulit. Dengan bertumbuhnya pasar disektor industri ini, perusahaan terus belomba-lomba untuk menghadirkan inovasi produk-produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam menghadirkan dan meluncurkan inovasi produk terbaru, perusahaan biasanya menggunakan sarana iklan untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Iklan adalah bentuk komunikasi pemasaran yang populer digunakan oleh sebuah merek. Dengan meningkatnya persaingan untuk mendapatkan perhatian dari konsumen dan pengenalanp roduk baru,pengiklan berlomba-lomba menggunakan selebriti/bintang yang menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu berdasarkan uraian diatas, penelitian ini akan menganalisis niat beli konsumen dengan variabel brand credibility, celebrity credibility, dan advertisement credibility yang di mediasi oleh attitude towardad dan brand. Objek yang dipilih adalah produk skincare merek Whitelab, yang merupakan produk skincare lokal yang hadir pada tahun 2020,namun sudah memiliki pangsapasar yang besar dan sudah mendapat berbagai penghargaan di tahun. Whitelab dalam melakukan pemasarannya telah menggunakan banyak selebriti, dan yang paling mencuri perhatian adalah Whitelabber kolaborasi dengan OhSe-hun,yang merupakan member dari grup boyband asal Korea Selatan, yaitu EXO sebagai bintang iklan untuk produknya.Data akan di himpun dari responden konsumen wanita pengguna skincare Whitelab di Jawa Timur dengan menyebarkan kuesioner digital dan data yang telah terhimpun kemudian akan dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling(SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan yang didukung selebriti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap bagaimana sikap konsumen dalam melihat suatu merek. Di temukan pula bahwa sikap konsumen dalam melihat iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli, berbanding terbalik dengan sikap konsumen dalam melihat merek yang berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen.
===========================================================================================================================
The cosmetic industry, in particular, continues to grow, especially with the pandemic in Indonesia since 2020. In 2021 the chemical, pharmaceutical, and traditional medicine industrieswill grow 9.61 percent, higher than in 2020 which was only around 5.59 percent. This shows thatpeople who spend a lot of time at home create a trend of taking care of their body and skin health. With the growing marketin this industrial sector,the company continues to competeto present the latest product innovations that suitthe needs of the community. Inpresenting and launching the latest product innovations, companies usually use advertising media to introduce their products toconsumers. Advertising is a popular form of marketing communication used by a brand. With increasing competition for attention from consumers and the introduction of new products,advertisers are competing to use celebrities/stars to attract consumers' attention. Therefore, basedon the description above, this study will analyze consumer buying intentions with the variables ofbrand credibility, celebrity credibility, and advertisement credibility mediated by attitude towardad and brand. The object chosen is the Whitelab brand skincare product, which is a local skin care product that was present in 2020, but already has a large market share and has received various awards in 2017. Whitelab in doing its marketing has used many celebrities, and the one that stolethe most attention was Whitelab collaborating with Oh Se-hun, who is a member of the South Korean boyband EXO as an advertisement star forits products. Data will be collected from female consumer respondents using Whitelab skincare in East Java bydistributing digital questionnairesand the collected data will then be analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) analysis.The results of the analysis show that advertisements supported by celebrities have no significant effect on how consumers perceive a brand. It was also found that consumer attitudes in viewing advertisements had no significant effect on purchase intentions, inversely proportional to consumer attitudes in viewing brands which had a significant effect on consumers'purchase intentions.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMB 659.1 Wib a-1 2022
Uncontrolled Keywords: Credibility, Attitudes, Purchase Intention Skincare, SEM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD74 Internet advertising.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5843 Outdoor advertising. Billboards. Posters
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 08 Nov 2022 05:46
Last Modified: 08 Nov 2022 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95067

Actions (login required)

View Item View Item