Perancangan Strategi Pemasaran Berbasis Design Thinking Menggunakan Digital Nomad Lifestyle Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Kasus : Interconnection Hostel)

Kamajaya, Ib Radya (2022) Perancangan Strategi Pemasaran Berbasis Design Thinking Menggunakan Digital Nomad Lifestyle Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Kasus : Interconnection Hostel). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 09111840000126-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000126-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sektor pariwisata yang sedang mengalami penurunan, khususnya Provinsi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada objek penelitian yaitu Interconnection Hostel yang terletak di Kuta yang memiliki pariwisata berbasis community based tourism (CBT). Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan eksploratif yang menggunakan metode design thinking, dengan melakukan wawancara dan observasi kepada keyplayer dan potential user Interconnection Hostel yang kemudian informasi deskriptif tersebut akan dijadikan sebuah dasar untuk membuat suatu ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Interconnection Hostel adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang perhotelan lebih tepatnya sebuah hostel yang bertemakan backpacker friendly, sebagai salah satu usaha yang terbilang baru didirikan, Interconnection Hostel tentunya perlu mengembangkan cara memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan, kondisi Interconnection Hostel dalam memasarkan produk dan jasanya dapat dibilang kurang maksimal sehingga perlu ada pengembangan. Pengembangan cara memasarkan yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah dengan membuat konten yang menarik dan konten yang dapat mengulas dan menjelaskan lebih dalam bahwa Interconnection Hostel adalah sebuah hostel yang ramah dikunjungi oleh pengunjung yang menerapkan gaya hidup digital nomad lifestyle, , selain itu, community based tourism pada daerah Kuta juga akan dipakai sebagai salah satu kekuatan dan daya tarik dari Interconnection Hostel itu sendiri. Media sosial Interconnection Hostel yang sudah dirancang dan dimaksimalkan juga akan ditampilkan pada website komunitas setempat yang memasarkan hotel, hostel, maupun villa dari daerah sekitar Kuta, sehingga jangkauan pemasaran akan dapat berkembang dan tertuju pada target yang ditentukan. Penelitian ini akan terdiri dari beberapa proses seperti identifikasi karakteristik Interconnection Hostel, proses identifikasi karakteristik akan terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah, diharapkan penelitian ini dapat membantu Interconnection Hostel dalam meningkatkan jangkauan pasar dan dapat memasarkan Interconnection Hostel kepada target yang tepat
=======================================================================================================================================
This research is motivated by the condition of the tourism sector which is experiencing a decline, especially the Province of Bali. This study aims to obtain the right marketing strategy to be applied to the object of research, namely the Interconnection Hostel located in Kuta which has community-based tourism (CBT) based tourism. This research is descriptive qualitative and exploratory using the design thinking method by conducting interviews and observations to keyplayers and potential users of Interconnection Hostel which then the descriptive information will be used as a basis for creating an idea to solve the existing problem. Interconnection Hostel is one of the businesses engaged in the hospitality sector, more precisely a hostel with a backpacker friendly theme, As one of the fairly newly established businesses, Interconnection Hostel certainly needs to develop ways to market the products and services offered, the condition of Interconnection Hostel in marketing its products and services is arguably not optimal so there needs to be development. The development of how to market that will be carried out in this study is to create interesting content and content that can review and explain more deeply that Interconnection Hostel is a hostel that is friendly to visit by visitors who apply a digital nomad lifestyle, , in addition, community based tourism in the Kuta area will also be used as one of the strengths and attractions of Interconnection Hostel itself. Interconnection Hostel social media that has been designed and maximized will also be displayed on the local community website that markets hotels, hostels, and villas from the area around Kuta, so that the marketing reach will be able to develop and be set on the specified target. The research will consist of several processes such as identification of characteristics of interconnection hostel, the process of identifying characteristics will consist of five stages, namely empathize, define, ideate, prototype, and testing. The results obtained in this study are, it is hoped that this research can help Interconnection Hostel in increasing market reach and can market Interconnection Hostel to the right target

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMB 658.8 Kam p-1
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Digital Marketing, Community Based Tourism (CBT), Interconnection Hostel Kuta
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:18
Last Modified: 28 Oct 2024 00:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95245

Actions (login required)

View Item View Item