Analisa Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Klasifikasi Jalan

Sari, Juana (2009) Analisa Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Klasifikasi Jalan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3106100624-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3106100624-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (24MB)

Abstract

Jaringan jalan di kabupaten Sidoarjo sangat komplek dengan laju perkembangan lalu lintas yang cukup tinggi setiap tahunnya menyebabkan terjadinya peningkatan angka kecelakaan yang ada di ruas jalan Kabupaten Sidoarjo terutama pada ruas jalan Arteri dan Kolektor primer. Pada dasamya jalan-jalan arteri dan kolektor primer di Kabupaten Sidoarjo memiliki perbedaan tingkat kecelakaan . Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecelakaaan sekaligus karakteristik kecelakaan di kedua jenis jalan tersebut, maka dilakukan studi ini, yaitu melalui pengolahan data kecelakaan tahun 2005, tahun 2006 dan tahun 2007, data volume kendaraan tahun 2005, tahun 2006 dan Tahun 2007, dan data panjang jalan. Sebagai informasi tambahan, maka dilakukan pula perhitungan nilai ekonomi akibat kecelakaan yang melibatkan korban meninggal duniadan luka-luka di kabupaten Sidoarjo, dimana perhitungannya adalah didasarkan pada metode Gross output Human Capital. Dari hasil analisa diperoleh bahwa angka kecelakaan tertinggi di Kabupaten Sidoaijo untuk kelas meninggal dunia pada tahun 2005, tahun 2006 dan tahun 2007 teijadi di jalan arteri primer 4/2 UD. Untuk kelas luka berat pada tahun 2005 teijadi di jalan arteri Primer 4/2UD sedangkan tahun 2006 terjadi pada jalan arteri Primer 3/1 Arah dan pada tahun 2007 teijadi di jalan Kolektor Primer 4/2 UD. Untuk kelas luka ringan pada tahun 2005 terjadi di jalan arteri primer 6/2D, sedangkan pada tahun 2006 ten ad i di jalan kolektor 4 / 2 UD dan pada tahun 2007 terjadi di jalan kolektor 2 /2 UD . Sedangkan karakteristik Kecelakaan Ialu lintas di jalan arteri dan kolektor primer di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2005 mengakibatkan korban luka ringan rata-rata sebesar 22,92%, korban luka berat rata-rata sebesar 6,25%, dan korban fatal rata-rata sebesar 70,83%. pada tahun 2006 mengakibatkan korban luka ringan rata-rata sebesar 27,68%, korban luka berat rata-rata sebesar 15,49%, dan korban fatal rata-rata sebesar 56,83%. Dan pada tahun 2007 mengakibatkan korban luka ringan rata-rata sebesar 25,49%, korban luka berat rata- rata sebesar 20,57%, dan korban fatal rata-rata sebesar 53,93%. Dari hasil analisa didapatkan nilai ekonomi akibat kecelakaan yang melibatkan korban meninggal dunia dan luka luka yang didasarkan pada metode gross output human capital di Kabupaten Sidoaijo pada tahun 2005 adalah sebesar Rp 6.745.422.244 per tahun untuk korban meninggal dunia, Rp 50.246.875/Tahun untuk korban luka berat dan Rp 11.587.905 /tahun untuk korban luka ringan sedangkan pada tahun 2006 adalah sebesar Rp 16.439.767.071 per tahun untuk korban meninggal dunia, Rp 239.034.540/Tahun untuk korban luka berat dan Rp 75.746.222 /tahun untuk korban luka ringan dan pada tahun 2007 adalah sebesar Rp 28.907.946.880 per tahun untuk korban meninggal dunia, Rp 512.968. 124/Tahun untuk korban luka berat dan Rp 128.497.104 /tahun untuk korban luka ringan Nilai tersebut dapat digunakan untuk menghitung peningkatan nilai ekonomi akibat menurunnya angka korban kecelakaan meninggal dunia yang akan digunakan dalam analisa kelayakan perbaikan fasilitas jalan raya
======================================================================================================================================
The road network in Sidoarjo district is very complex with a fairly high rate of traffic development each year causing an increase in the number of accidents on roads in Sidoarjo regency, especially on primary arterial and collector roads. Basically the main arterial and collector roads in Sidoarjo Regency have different accident rates. In order to find out the differences in the level of accidents as well as the characteristics of accidents on the two types of roads, this study was carried out, namely by processing accident data for 2005, 2006 and 2007, data on vehicle volume for 2005, 2006 and 2007, and data on road length. As additional information, the calculation of the economic value due to accidents involving dead and injured victims in Sidoarjo district is also carried out, where the calculation is based on the Gross Output Human Capital method. From the results of the analysis, it was found that the highest accident rate in Sidoaijo Regency for the death class in 2005, 2006 and 2007 occurred on the primary arterial road 4/2 UD. For the class of serious injuries in 2005 it occurred on the Primary 4/2UD arterial road, while in 2006 it occurred on the Primary arterial road 3/1 Direction and in 2007 it occurred on the Primary Collector 4/2 UD. Minor injuries in 2005 occurred on primary arterial roads 6/2D, whereas in 2006 tended to occur on collector roads 4/2 UD and in 2007 occurred on collector roads 2/2 UD. While the characteristics of traffic accidents on primary arterial and collector roads in Sidoarjo Regency in 2005 resulted in an average of 22.92% minor injuries, 6.25% in average serious injuries, and an average of 70 fatalities. .83%. in 2006 resulted in an average of 27.68% of minor injuries, 15.49% of serious injuries on average, and 56.83% of fatalities on average. And in 2007 resulted in an average of 25.49% of minor injuries, 20.57% of serious injuries on average, and 53.93% of fatalities on average. From the results of the analysis, it was found that the economic value due to accidents involving deaths and injuries based on the human capital gross output method in Sidoaijo Regency in 2005 was IDR 6,745,422,244 per year for death victims, IDR 50,246,875/year for victims of serious injuries and IDR 11,587,905 / year for victims of minor injuries while in 2006 it was IDR 16,439,767,071 per year for victims who died, IDR 239,034,540 / year for victims of serious injuries and IDR 75,746,222 / year for victims minor injuries and in 2007 it was IDR 28,907,946,880 per year for victims who died, IDR 512,968. 124/year for victims of serious injuries and Rp. 128,497,104/year for victims of minor injuries. This value can be used to calculate the increase in economic value due to a decrease in the number of accident victims who died which will be used in analyzing the feasibility of repairing highway facilities

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 363.125 Sar a
Uncontrolled Keywords: kecelakaan Ialu lintas, Jalan Arteri dan Kolektor Primer
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:45
Last Modified: 22 Dec 2022 01:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95267

Actions (login required)

View Item View Item