Assyura, Defi Madilla (2023) Estimasi Biaya dan Waktu Pekerjaan Underpass Foresta Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A Menggunakan Metode Erection dengan Transfer Beam. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2035211096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2025. Download (56MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas Akhir ini berjudul “Estimasi Biaya dan Waktu Pekerjaan Underpass Foresta Jalan Tol Serpong – Balaraja Seksi 1A menggunakan Metode Erection dengan Transfer Beam”. Proyek Jalan Tol Serpong – Balaraja Seksi 1A ini memiliki panjang total 5,150 km. Namun pada Proyek Akhir ini hanya meninjau Struktur Jembatan Underpass Foresta saja. Underpass Foresta ini memiliki bentang 43 m. Pada pelaksanaannya dilapangan, Metode Erection yang digunakan yaitu menggunakan crane. Saat pelaksanaan erection girder menggunakan crane ini, jalan eksisting perlu dibongkar dan lalu lintas dialihkan karena jalan eksisting digunakan sebagai tempat berdirinya crane. Dalam Tugas Akhir ini penulis memberikan alternatif metode erection girder yaitu dengan menggunakan transfer beam dengan tujuan memberikan hasil yang optimum dari segi biaya dan waktu dikarenakan tidak perlu membongkar jalan eksisting yang ada, hanya cukup dengan buka tutup jalan saja. Metode Transfer Beam ini menggunakan jenis jembatan truss semi launcher dengan rangka utama profil baja WF yang dikombinasikan dengan crawler crane. Berdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan, maka diperoleh waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Underpass Foresta dengan metode erection transfer beam yaitu 151 hari kerja dengan biaya yang diperlukan yaitu Rp. 18.335.920.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya K3. Dalam pekerjaan Underpas ini biaya sistem manajemen keselamatan konstruksi yaitu sebesar Rp. 275.038.800. Sehingga biaya total keseluruhan adalah Rp.18.610.958.800.
==============================================================================================================================
This final project proposal is entitled "Cost and Time Estimation of Underpass Foresta Serpong - Balaraja Toll Road Section 1A Using Erection Method with Transfer Beam". This toll road has total length of 5,150 km. However, this final project only discusses the Foresta Underpass Bridge Structure. In its implementation in the field, the Erection Method used is using a crane. When carrying out the erection girder using this crane, the existing road needs to be dismantled and traffic diverted because the existing road is used as a place for the crane to be erected. In this final project proposal the author provides an alternative method of erection girder, namely by using a transfer beam with the aim of providing optimum results in terms of cost and time because there is no need to dismantle the existing road, only open and close the road is enough. This Beam Transfer method uses a semi-launch truss bridge with a WF steel profile main frame combined with a crawler crane. Based on the Unit Price Analysis, the time needed to complete the Foresta Underpass using erection method with transfer beam is 151 working days and the required cost is Rp. 18.335.920.000. These costs doesn’t include K3 costs. In this work, the cost of the construction safety management system is Rp. 275.038.800. So, that the total cost is Rp. 18.610.958.800.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Erection Girder, Transfer Beam, Biaya, Waktu, Transfer Beam, Cost, Time |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Defi Madilla Assyura |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:23 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/95888 |
Actions (login required)
View Item |