Penerapan Design Thinking Dalam Merumuskan Pedoman Konten Media Sosial Organik Di PT Asya Mandira Land

Pramasudi, Brian Ramadhan (2023) Penerapan Design Thinking Dalam Merumuskan Pedoman Konten Media Sosial Organik Di PT Asya Mandira Land. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111940000066-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111940000066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan pemasaran digital di era sekarang ini telah mempengaruhi cara bisnis dalam menggunakan teknologi untuk pemasarannya, tak terkecuali bisnis properti. Untuk dapat bersaing di era sekarang ini, para pengembang properti, termasuk PT Asya Mandira Land (Asya Jakarta), tidak dapat hanya mengandalkan pemasaran konvensional, tetapi juga harus mengoptimalkan pemasaran digital. Oleh karena itu, tujuan utama Asya Jakarta saat ini adalah meningkatkan penjualan melalui platform digital, salah satunya dengan media sosial organik. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perusahaan terlebih dahulu harus memperhatikan bagaimana cara menghasilkan lebih banyak prospek yang berkualitas sebelum mendapatkan penjualan melalui media sosial organik. Namun, prospek yang berkualitas menjadi masalah utama karena hasil pemasaran media sosial perusahaan tidak sebaik yang diharapkan. Salah satu alasan utamanya adalah perusahaan tidak memiliki pedoman yang tepat sehingga sering terjadi inkonsistensi saat membuat konten di media sosial, terutama Facebook dan Instagram sebagai platform yang menjadi fokus perusahaan saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu perusahaan mengatasi masalah tersebut dengan merumuskan pedoman konten media sosial organik dengan pertimbangan purchase funnel. Dengan menggunakan metode design thinking, penelitian ini membuat peta empati dari calon pengguna, mengidentifikasi persona pengguna potensial, menangkap inti dari sebuah ide dengan menggunakan metode NABC, mendesain prototipe, dan melakukan pengujian dengan feedback capture grid. Hasil dari penelitian kualitatif ini adalah sebuah formulir panduan media sosial organik yang terdiri dari strategi konten, jadwal konten, pengguna potensial, persona pengguna, prototipe brand awareness, prototipe brand engagement, dan prototipe konversi
====================================================================================================================================
The emergence of digital marketing in today’s era has influenced the way businesses use technology for their marketing, and the real estate business is no exception. To compete in today’s era, property developers, including PT Asya Mandira Land (Asya Jakarta), cannot rely only on its conventional marketing, but must also optimize its digital marketing. Hence, Asya Jakarta’s main goal today is to increase sales through digital platforms, one of which is organic social media. To realize this goal, the company must first pay attention to how to generate more qualified leads before getting sales through organic social media. However, qualified leads are a major issue as the company’s social media marketing results are not as good as expected. One of the main reasons is the company does not have proper guidelines so there are often inconsistencies when creating content on social media, especially Facebook and Instagram as platforms the company currently focuses on. Therefore, this research is conducted to help the firm overcome this problem by formulating organic social media content guidelines with the consideration of purchase funnel. By using design thinking method, this research creates empathy maps of potential users, identifies potential user persona, captures the core of an idea using NABC method, designs prototypes, and conducts testing by feedback capture grid. As a result of this qualitative study, an organic social media guideline form consisting of the content strategy, content schedule, potential users, users’ persona, brand awareness prototype, brand engagement prototype, and conversion prototype is created

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Organic Social Media, Content Guideline, Purchase Funnel, Asya Jakarta
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Brian Ramadhan Pramasudi
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:31
Last Modified: 03 Feb 2023 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96067

Actions (login required)

View Item View Item