Analisis Suara Untuk Menentukan Level Otomatis Game Terapi Wicara Pada Anak Autis

Choiron, Achmad (2009) Analisis Suara Untuk Menentukan Level Otomatis Game Terapi Wicara Pada Anak Autis. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2207205743-Master_Thesis.pdf] Text
2207205743-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (78MB)

Abstract

Salah satu masalah utama bagi anak autis adalah adanya gangguan pada perkembangan kemampuan berbicara. Hal ini dapat diatasi dengan terapi wicara secara terus menerus dan berkelanjutan sesuai dengan tujuan terapi yang ingin dicapai. Anak autis juga sulit untuk mengikuti terapi dalam waktu yang lama terkait dengan motivasi dan konsentrasi. Sedangkan terapi secara intensif 40 jam per minggu seperti yang digunakan pada metode ABA akan sangat tergantung pada terapis dan membutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga diperlukan alat bantu yang dapat digunakan diluar sesi terapi. Alat bantu terapi sudah banyak digunakan oleh ahli terapi wicara. Namun alat bantu tersebut lebih banyak ditekankan pada pengukuran komponen suara dan tidak digunakan untuk pelatihan dan pengukuran secara mandiri. Sebuah serius game yang mengadaptasikan tahapan-tahapan terapi wicara dapat menjadi altematif terapi wicara pada anak autis. Bentuk game seperti yang digunakan pada anak normal lainnya dan dengan adaptasi terapi wicara dapat mendukung peningkatan kemampuan bicara. Penelitian ini merumuskan bentuk adaptasi terapi wicara pada anak autis dengan komponen analisis suara yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan terapi secara otomatis pada sebuah serius game seperti FPS (First Person Shooter). Hasil penelitian didapat 3 komponen analisis suara yang dapat digunakan sebagai umpan balik pada game terapi wicara, yaitu tingkat kekerasan suara {loudness), lama pengucapan (respiratory), dan kemiripan pengucapan {articulation). Tingkat kekerasan suara dalam percakapan normal didapat hasil pengukuran antara 60 dBA hingga 80 dBA. Sedangkan lama rata-rata pengucapan didapat 6.2 detik untuk anak normal. Tingkat kemiripan suara anak untuk melatih artikulasi didapat 80% dengan metode HMM.
===============================================================================================================================
One of the main problem for children with autism is interference in the development of the ability to speak. This can be overcome with speech therapy continuously and sustainable in accordance with the objectives of the therapy to achieve. Children with autism also have difficulty to follow the therapy for a long time associated with motivation and concentration. Meanwhile, the intensive therapy 40 hours per week as used in the methods of ABA depend on therapeutist and take alot of cost, so that the necessary tools that can be used outside of therapy sessions. There are many tool that used by therapy expert. The tool is more emphasis on the measurement of voice components, but not used for training and measuring independently. A serious game which adapted from speech therapy could be an alternative speech therapy for children with autism. Computer game as used for normal children can support to improve ability to speak. This research’s goal is formulating an adaptation of speech therapy for children with autism to determine voice component analysis to measure the level of progress in therapy automatically on a serious game. Results of the research obtained 3 component analysis of the voice that can be used as feedback on the game speech therapy, the level of voice (loudness), long recital (respiratory), and the expression similarity (articulation). Loudness level of normal conversation in the measurement results obtained between 60 DBA to 80 DBA. Average of normal speech obtained 6.2 seconds for normal children. Level of similarity for the children practice the sound articulation 80% obtained with HMM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.8 Cho a
Uncontrolled Keywords: Autism, speech therapy, Serious game, autis, terapi wicara,serius game, artikuasi, pengenalan suara
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Feb 2023 04:01
Last Modified: 05 Feb 2023 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96091

Actions (login required)

View Item View Item