Inovasi Desain Produk Berdasarkan Preferensi Pelanggan Privet

Aditasari, Krisnayanti (2023) Inovasi Desain Produk Berdasarkan Preferensi Pelanggan Privet. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032211093-Master_Thesis.pdf] Text
6032211093-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Industri alas kaki di Indonesia tumbuh seiring dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang terjadi pada awal tahun 1980-an. Industri alas kaki tumbuh stabil tahun demi tahun. Adanya perkembangan industri alas kaki ini juga didukung oleh peran pemerintah dengan berbagai fasilitas yang diberikan kepada pelaku UMKM. Selain pakaian dan tas, sepatu merupakan salah satu kebutuhan fashion yang disukai wanita. Seiring dengan perkembangan tren fashion, sepatu wanita dibuat dengan berbagai macam jenis yang dibedakan berdasarkan model, warna, sampai bentuknya, yang fungsinya berbeda-beda sesuai dengan style yang ingin ditampilkan. Kini perkembangan industri fashion berbasis lokal memang sedang gencar-gencarnya, salah satunya produk alas kaki untuk perempuan. Trend Local Pride yang kerap dikampanyekan di berbagai media menjadi salah satu alasan brand lokal semakin dikenal di tengah masyarakat. Meski demikian, sebagai pelaku usaha tidak boleh lalai bahwa kualitas dan konsistensi inovasi produk menjadi faktor penting dalam membesarkan brand tersebut di pasar lokal maupun internasional. Privet merupakan sebuah bisnis di bidang fashion yang memproduksi alas kaki wanita. Berdiri sejak tahun 2018 dari salah satu mata kuliah di Manajemen Bisnis ITS yaitu New Venture Creation, yang hingga saat ini telah memiliki legalitas hukum dengan nama CV Privet Dwi Sentosa. Untuk terus mewujudkan impian dan mengembangkan bisnis yang berkelanjutan, Privet memiliki harapan agar bisa semakin terus berkembang dan dapat lebih banyak membantu para pengrajin lokal daerah. Masalah dalam inovasi produk pada Privet adalah bagaimana produk yang dihasilkan dapat mengikuti tren dan selera konsumen hingga dapat meningkatkan daya saing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan inovasi desain produk pada sebuah industri alas kaki Privet sesuai dengan preferensi pelanggan. Dalam penelitian ini menggunakan lima tahap model design thinking yang diusulkan oleh Institut Desain Hasso-Plattner di Stanford yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian dilakukan menggunakan Feedback Capture Matrix dan Net Promoter Score (NPS). Dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor-faktor preferensi pelanggan dalam membeli alas kaki yaitu kenyamanan, keindahan, dan product value. Kemudian membuat tiga inovasi produk alas kaki Privet berdasarkan kategori yaitu sepatu, selop, dan sandal dengan memperhatikan faktor-faktor preferensi pelanggan.
=================================================================================================================================
The footwear industry in Indonesia grew along with Indonesia's economic development that occurred in the early 1980s. The footwear industry is growing steadily year after year. The development of the footwear industry is also supported by the role of the government with various facilities provided to MSME actors. In addition to clothes and bags, shoes are one of the fashion needs that women like. In line with the development of fashion trends, women's shoes are made in various types based on the models, colors, shapes, which vary according to the style you want to shown. Now the development of the local-based fashion industry is indeed being intensively, one of which is shoe products for women. The local pride trend which is often campaigned in various media is one of the reasons why local brands are increasingly recognized in the community. As a business owner, that the quality and consistency of product innovation are important factors in raising the brand in the local and international markets. Privet is a fashion business that produces women's footwear. Established in 2018 from one of the courses in Business Management ITS, namely New Venture Creation, until now has legal legality under the name CV. Privet Dwi Sentosa. In order to continue to realize their dreams and develop a sustainable business, Privet has the hope that it will continue to grow and be able to help more local craftsmen. The problem in product innovation at Privet is how the products produced can follow trends and consumer tastes so that they can increase competitiveness in the market. This research aims to provide product design innovation offerings in a Privet footwear industry according to customer preferences. In this study, the five stages of the design thinking model proposed by the Hasso-Plattner Institute of Design at Stanford are used, namely: empathize, define, ideate, prototype, and test. Tests were carried out using the Feedback Capture Matrix and Net Promoter Score (NPS). From this research, it was found that the factors of customer preference in buying footwear are comfort, beauty, and product value. Then create three Privet footwear product innovations based on categories, namely shoes, slippers, and sandals with due regard to customer preference factors.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Alas Kaki, Brand Lokal, Privet, Inovasi Produk, Design Thinking
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Krisnayanti Aditasari
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:45
Last Modified: 03 Feb 2023 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96127

Actions (login required)

View Item View Item