Pengaruh E-wom Terhadap Dimensi Ekuitas Merek Dan Minat Pembelian Produk Smartphone O Pada Masyarakat Kota Surabaya

Maulana, Sutansyah (2023) Pengaruh E-wom Terhadap Dimensi Ekuitas Merek Dan Minat Pembelian Produk Smartphone O Pada Masyarakat Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000081-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000081-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada era saat ini banyak perusahaan yang sedang menghadapi persaingan yang ketat. Salah satu bidang perusahaan yang menghadapi persaingan yang ketat yaitu teknologi komunikasi. Seiring berkembangnya waktu perusahaan ini mempengaruhi interaksi komunikasi antar masyarakat sehingga penyaluran informasi terasa begitu cepat. Salah satu perangkat komunikasi yang membuat interaksi masyarakat terasa lebih mudah adalah Smartphone. Smartphone merupakan telepon seluler kelas baru dengan teknologi komputer terintegrasi dan fitur lain seperti sistem operasi, penelurusan web, dan kemampuan menjalankan aplikasi perangkat lunak. Salah satu merek dengan market share tertinggi di Indonesia pada tahun 2021 di Indonesia yaitu merek O dari China, namun pada tahun 2022 sempat terjadi penurunan yang sedikit. Salah satu hal yang menjadi pengaruh pembelian sebuah produk yaitu pemasaran. Sehingga hal tersebut penting bagi perusahaan smartphone di Indonesia untuk mengevaluasi salah satu strategi pemasaran. Terdapat beberapa jenis komunikasi pemasaran salah satunya e-wom dimana akibat kenaikan pengguna smartphone berkaitan juga dengan kenaikan pengguna internet, salah satu implikasi internet yaitu e-wom dengan adanya ulasan yang dilakukan oleh konsumen pada media sosial dinilai berpengaruh pada ekuitas merek yang merupakan nilai dalam membangun sebuah merek dan minat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari e-wom terhadap ekuitas merek dan minat pembelian smartphone O pada masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada kriteria sampel yang telah ditentukan dengan jumlah minimal 100 responden dan dianalisis dengan PLS SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-wom mempengaruhi positif secara signifikan terhadap ekuitas merek smartphone O dan penelitian ini juga menunjukkan bahwa ekuitas merek yaitu brand loyalty dan perceived quality yang mempengaruhi positif secara signifikan terhadap minat pembelian produk smartphone merek O
=====================================================================================================================================
In the current era, many companies are facing intense competition. One area of the company that is facing intense competition is communication technology. Over time, the company has developed in influencing communication interactions between people so that information feels so fast. One of the communication devices that makes community interaction easier is Smartphone. Smartphones are a new class of cellular telephone with integrated computer technology and other features such as an operating system, web browsing and the ability to run software applications. One of the brands with the highest market share in Indonesia in 2021 in Indonesia is the O brand from China, but in 2022 there was a slight decline. One of the things that influence the purchase of a product is marketing. So it is important for smartphone companies in Indonesia to evaluate a marketing strategy. There are several types of marketing communications, one of which is e-wom where the result of an increase in smartphone users is also related to an increase in internet users, one of which is disclosed by the internet, namely e-wom with reviews made by consumers on social media is considered to have an effect on brand good looks which is a value in building a brand and buying interest. This study aims to identify the impact of e-wom on brand equity and purchase intention of O smartphones in the people of Surabaya. This study used questionnaires distributed online to predetermined sample takers with a minimum number of 100 respondents and analyzed with PLS SEM. The results of this study indicate that e-WOM has a significant positive effect on brand equity of smartphone O and this research also shows that brand equity, namely brand loyalty and perceived quality, has a significant positive effect on purchase intention of smartphone brand O

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Smartphone, E-wom, Ekuitas Merek, Minat Beli, Smartphone, Ewom, Brand Equity, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sutansyah Maulana
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:07
Last Modified: 08 Feb 2023 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96388

Actions (login required)

View Item View Item