Pemodelan Estimasi Biaya Kontingensi Berbasis Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta –Nyia Kulon Progo Ruas Kartasura – Klaten

Insaniyah, Selma Rofi (2023) Pemodelan Estimasi Biaya Kontingensi Berbasis Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta –Nyia Kulon Progo Ruas Kartasura – Klaten. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950023020-Master_Thesis.pdf] Text
09211950023020-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Definisi keberhasilan proyek adalah hasil yang lebih dari pada yang diharapkan yang berhubungan dengan biaya, waktu dan kualitas, keselamatan serta kepuasan lain yang menyertainya. Selama siklus hidup proyek akan selalu menghadapi kondisi ketidakpastian dan risiko yang sering mengakibatkan terjadinya overbudget. Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta –NYIA Kulon Progo Ruas Kartasura – Klaten adalah proyek yang kompleks dan memiliki risiko untuk mengantisipasi terjadinya pembengkakan biaya pelaksanaan akibat risiko tersebut, kontraktor pelaksana proyek perlu menyiapkan biaya kontingensi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model estimasi biaya kontingensi berbasis risiko dengan mempertimbangkan jenis risiko dan pengaruhnya terhadap aktivitas proyek. Tahapan peneilitian ini dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu identifikasi risiko, analisis risiko kualitatif menggunakan metode Severity Index dan Matriks Probabilitas-Dampak dan analisis risiko menggunakan diagram pengaruh dan metode simulasi monte carlo. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 variabel risiko signifikan yaitu gempa bumi, inflasi, kenaikan harga bahan baku, kepercayaan perbankan/lembaga keuangan terhadap pembiayaan konstruksi di proyek jogja-solo, pembebasan lahan, perubahan ruang lingkup proyek, ketersediaan bahan dan material,kualitas bahan dan material, survei yang tidak akurat, metode kerja yang tidak tepat, produktivitas kontraktor dan keterlambatan proyek. Sedangkan untuk hasil pemodelan perhitungan biaya kontingensi menggunakan metode simulasi montecarlo terdapat 90% probabilitas nilai biaya kontingensi diantara 1,04% dengan nilai biaya kontingensi sebesar Rp 41.034.782.847,32 terhadap total harga sampai 1,15% dengan nilai biaya kontingensi sebesar Rp 45.603.452.876,04 terhadap total harga. Hasil uji validasi model simulasi menunjukkan bahwa tcrit bawah ≤ ttest ≤ tcrit atas yaitu -1,96020 ≤ -0,52756 ≤ 1,96020 sehingga model simulasi telah valid.
==============================================================================================================================
The definition of project success is a result that exceeds expectations in terms of cost, time, quality, safety, and other advantages. Throughout the project's entire life cycle, there will always be circumstances of uncertainty and risk, which frequently lead to overbudgeting. The Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Toll Road Development Project for the Kartasura-Klaten Section is a complex and risky project. The project's executing contractor should prepare for an escalation in execution costs as a consequence of this risk. The main aim of this research is to develop a risk-based contingency cost estimating model that takes into account the various types of risks and their impact on project activities. This study is divided into three sections: risk identification, qualitative risk analysis using the Severity Index method and the Probability-Impact Matrix, and risk analysis using Influence Diagram and Monte Carlo simulation methods. Earthquakes, inflation, increases in raw material prices, banking/financial institution trust in construction funding in the Yogyakarta-Solo project, land acquisition, changes in scope of the project, availability of resources and materials, quality of the materials and supplies, inaccuracies surveys, inappropriate work methods, contractor productivity, and project delays were identified as significant risk variables. According to the modeling results of contingency cost estimates using the Monte Carlo simulation method, there is a 90% probability that the contingency cost value will be between 1.04% (Rp. 41,034,782,847.32) up to 1.15% with a contingency cost value of Rp. 45,603.452,876.04. The results of the simulation model validation test show that the lower t crit ≤ t test ≤ upper t crit is -1.96020 ≤ -0.52756 ≤ 1.96020 indicating that the simulation model is valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisis risiko, biaya kontingensi, matriks probabilitas-dampak, diagram pengaruh, simulasi monte carlo, Risk Analysis, Contingency Cost, Probability Impact-Matrix, Influence Diagram, Monte Carlo Simulation.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Selma Rofi Insaniyah
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:48
Last Modified: 09 Feb 2023 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96536

Actions (login required)

View Item View Item