Analisis Perbandingan Layanan dan Tarif Long Distance Ferry dengan Short Distance Ferry

Setyowati, Ambar Dwi (2023) Analisis Perbandingan Layanan dan Tarif Long Distance Ferry dengan Short Distance Ferry. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411840000003_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411840000003_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Definisi layanan Long Distance Ferry (LDF) dan Short Distance Ferry (SDF) tidak menjelaskan hal-hal yang terkait dengan standar jarak tempuh minimal dan maksimal yang dilalui pada kedua layanan ini, sehingga terdapat layanan LDF yang beririsan dengan SDF. Dari kondisi ini dapat diartikan bahwa terjadinya penumpukan layanan ini tidak terlalu berdampak terhadap tarif bila kedua jenis layanan yang beririsan tersebut dipisahkan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mencari pembeda layanan LDF maupun SDF berdasarkan kriteria operasi kondisi saat ini. Tarif juga dipakai untuk membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam pendefinisian untuk kedua layanan ini. Metode yang digunakan adalah membandingkan kriteria layanan serta tarif pada lintasan yang beririsan. Analisis dilakukan dalam 2 (dua) tahap identifikasi dengan menggunakan 5 (lima) kriteria, yaitu, kondisi pelabuhan, jarak lintasan, ukuran kapal, pola operasi kapal, dan aspek finansial. Analisis tahap pertama menunjukkan bahwa layanan baik LDF maupun SDF didominasi oleh lintasan yang tidak memenuhi kriteria. Tahap kedua menunjukkan bahwa jarak bukan merupakan pembeda dalam kedua layanan tersebut, tetapi hanya mempengaruhi tarif. Dengan mengoperasikan kapal SDF pada 2 (dua) lintasan LDF, kapal yang ditempatkan pada lintasan LDF berjarak 210 Nm menghasilkan tarif paling murah sebesar Rp 386 SUP/Nm, sedangkan pada jarak 242 Nm tarif paling murah diperoleh Rp 383 SUP/Nm. Analisis pengoperasikan kapal LDF pada 2 (dua) lintasan SDF, menunjukkan bahwa kapal yang saat ini ditempatkan pada lintasan SDF berjarak 204 Nm menghasilkan tarif paling murah sebesar Rp 408 SUP/Nm, sedangkan pada jarak 245 Nm tarif paling murah sebesar Rp 422 SUP/Nm.

==================================================================================================================================
Definitions about Long Distance Ferry (LDF) and Short Distance Ferry (SDF) services do not define factors related to the standard of minimum and maximum operational distance, making several LDF intersects with SDF. These circumstances show that the intersection does not affect tariff of the ships when the service of each vessel was separated. The purpose of this Final Project was to obtain distinct factors between LDF and SDF based on the existing operational conditions criteria. Tariff was also used to prove that there was no difference between in defining these two services. Method used was to compare service criteria and fares on the intersected routes. The analysis was carried out in 2 (two) stages of identification by using 5 (five) criteria, namely, port conditions, route distance, ship size, ship operation patterns, and financial aspects. The analysis of the first stage shows that services both LDF and SDF are dominated by routes not meeting the criteria. The second stage shows that distance was not a distinct factor, but only affects the rate. By operating SDF vessels on 2 (two) LDF lines, ship placed on a 210 Nm LDF route gives the lowest tariff of Rp 386 SUP/Nm, while at 242 Nm SDF route, the lowest tariff was Rp 383 SUP/Nm. LDF ships operating on 2 (two) SDF lines, shows that existing ship put on 204 Nm SDF route gives the lowest tariff of Rp 408 SUP/Nm, while at a distance of 245 Nm the least expensive tariff is Rp 422 SUP/Nm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Long Distance Ferry, Metode Komparasi, Short Distance Ferry, Tarif, Comparison Method, Long Distance Ferry, Short Distance Ferry, Tariff
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1916 Tariff
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ambar Dwi Setyowati
Date Deposited: 12 Feb 2023 01:17
Last Modified: 12 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96824

Actions (login required)

View Item View Item