Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Interaktif Menggunakan Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis CNN

Kurniawan, Irman (2023) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Interaktif Menggunakan Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis CNN. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000032-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111640000032-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Belajar huruf hijaiyah merupakan langkah awal dalam membaca kitab suci Al-Qur'an. Pemanfaatan game sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah secara mandiri sangat tepat dikarenakan dapat membawa kesan menyenangkan sekaligus mencerdaskan dalam belajar menulis huruf hijiayah. Penggunaan aplikasi berbentuk game sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah juga dapat menambah minat anak-anak dalam belajar huruf hijaiyah sebagai langkah awal dalam belajar membaca kitab Al-Qur’an.
Sejak pandemi, tren pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran mandiri semakin meningkat. Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah yang pintar diperlukan untuk mendukung tren pembelajaran secara mandiri tersebut. Untuk mencapai tujuan itu, penulis membuat aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah interaktif yang mampu untuk mengenali tulisan huruf hijaiyah pemain dan mengevaluasi tulisan tersebut secara otomatis.
Aplikasi dibuat dan dikembangkan untuk perangkat mobile android menggunakan game engine Unity. Sedangkan metode pengenalan huruf hijaiyah yang akan digunakan yaitu Convolutional Neural Network (CNN). Library Barracuda digunakan untuk memanggil model CNN tersebut di dalam Unity. Dengan tetap mempertimbangkan hasil akurasi model yang dibuat, model CNN dibuat seringan mungkin untuk dapat berjalan secara lancar pada perangkat mobile android. Aplikasi ini berisi dua modul pembelajaran, yaitu modul latihan menulis, dan modul evaluasi yang memerlukan model pengenalan tulisan tangan. Berdasarkan hasil pengujian, pemain merasa mudah dan sangat terbantu dalam belajar menulis huruf hijaiyah secara mandiri.
===============================================================================================================================
Learning hijaiyah letters is the first step in reading the holy Qur'an. The use of games as a medium for learning hijaiyah letters independently is very appropriate because they can bring fun impressions as well as educating students in learning to write hijiayah letters. The use of game-shaped applications as learning media for hijaiyah letters can also increase children's interest in learning hijaiyah letters as the first step in learning to read the holy Qur'an.
Since the pandemic, the trend of distance learning or independent learning has increased. Smart hijaiyah learning applications are needed to support this trend of independent learning. To achieve this goal, the author makes a hijaiyah letter learning game that is able to recognize the player's hijaiyah letters and evaluate the writing automatically.
The application is created and developed for Android mobile devices using the Unity game engine. While the hijaiyah letter recognition method that will be used is the Convolutional Neural Network. The Barracuda library is used to call the CNN model in Unity. By still considering the results of the accuracy of the model made, the CNN model is made as light as possible so that it can run smoothly on Android mobile devices. The application contains two learning modules, namely a writing practice module, and an evaluation module that requires a handwriting recognition model. Based on the test results, players find it easy and very helpful in learning to write hijaiyah letters independently.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran Interaktif, CNN, Pengenalan Tulisan Tangan, Pembelajaran Huruf Hijaiyah, Interactive Learning Application, CNN, Handwriting Recognition, Arabic Letters Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.15 Mobile games.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irman Kurniawan
Date Deposited: 12 Feb 2023 03:05
Last Modified: 12 Feb 2023 03:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96851

Actions (login required)

View Item View Item