Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Dengan Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi Pada Ritel Baby Shop

Ferawan, Awang (2023) Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Dengan Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi Pada Ritel Baby Shop. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032202165-Master_Thesis.pdf] Text
6032202165-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri ritel merupakan salah satu sektor yang memiliki tantangan besar di masa pandemi dan digitalisasi, diantaranya dari sisi perilaku konsumen karena adanya perubahan kebiasaan konsumen. Jenis ritel dapat dibedakan menjadi ritel konvensional dan modern. Pada masa pandemic ini, ritel konvensional tidak dapat terhindar dari perubahan perilaku konsumen, sehingga menarik untuk diteliti bagaimana pengaruh strategi marketing demi meningkatkan penjualan dengan melihat perilaku konsumen. Toko Alladin dan jaringannya merupakan salah satu bentuk UMKM ritel konvensional dengan komoditi berupa kebutuhan bayi dan anak. Fenomena yang diamati adalah jaringan Toko Alladin mampu bertahan dengan trend penjualan mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dengan strategi pemasaran sebagai varibel moderasi. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan responden sebanyak 111 pelanggan. Pengolahan data menggunakan alat analisis SmartPLS 4.0. Hasil penelitian yaitu strategi marketing bukan menjadi variable moderasi antara perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian, sedangkan minat beli terbukti menjadi variable mediasi antara perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Sehingga penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku UMKM konvensional bahwa strategi pemasaran bukan memperkuat atau memperlemah pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian tetapi merupakan variabel yang lebih penting untuk dilakukan dalam melihat pengaruh perilaku konsumen untuk tercapainya keputusan pembelian
===============================================================================================================================
The retail industry is a sector that has major challenges during the pandemic and digitalization, including in terms of consumer behavior due to changes in consumer habits. Retail types can be divided into conventional and modern retail. During this pandemic, conventional retail cannot be avoided from changes in consumer behavior, so it is interesting to study how marketing strategies influence to increase sales by looking at consumer behavior. The Alladin store and its network are sis one form of conventional retail MSMEs with commodities in the form of baby and child needs. The observed phenomenon was that the Alladin Store network was able to survive with an increasing sales trend.This study aims to see the effect of consumer behavior on purchasing decisions through purchase intention with marketing strategy as a moderating variable. The research method uses quantitative with 111 customers as respondents. Data processing uses the SmartPLS 4.0 analysis tool. The result of the research is that marketing strategy is not a moderating variable between consumer behavior and purchasing decisions, while buying interest is proven to be a mediating variable between consumer behavior and purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Strategi Pemasaran, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Consumer Behavior, Marketing Strategy, Buying Interest, Purchase Decision
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Awang Ferawan
Date Deposited: 11 Feb 2023 09:57
Last Modified: 11 Feb 2023 09:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97056

Actions (login required)

View Item View Item