Laporan Kegiatan Magang Proyek Jalan Tol Hamawas Seksi 2 Ruas Indrapura-Kuala Tanjung

Afivie, Rizaldy Wildan and Yunus, Mochammad Geoselva Oktama (2023) Laporan Kegiatan Magang Proyek Jalan Tol Hamawas Seksi 2 Ruas Indrapura-Kuala Tanjung. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111940000020_03111940000021-Project_Report.pdf] Text
03111940000020_03111940000021-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Departemen Teknik Sipil ITS memfasilitasi pembelajaran praktika melalui pengadaan Program Magang bagi mahasiswa dengan minimal telah menempuh 5 semester perkuliahan, guna mendapatkan pengalaman nyata dan pengamalan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan. Program ini diberikan mengingat bahwa beberapa tahun terakhir kondisi pembelajaran tidak dapat melalui tatap muka secara langsung, melaikan melalui pembelajaran virtual (online). Pembelajaran dengan metode tersebut akan terus diterapkan seiring dengan perkembangan kondisi saat ini yang masih belum pulih sepenuhnya. Kondisi ini (Virtual Learning) akan menyebabkan kurangnya pemahaman dan juga sense pada mahasiswa mengenai ilmu ketekniksipilan. Kekurangan ini dapat diatasi dengan Program Magang dari Departemen Teknik Sipil (DTS) ITS yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga BUMN Karya yang ada di Indonesia. Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan Magang di Proyek Jalan Tol Hamawas Seksi 2 Ruas Indrapura-Kuala Tanjung dapat diambil beberapa kesimpulan. Pengalaman kerja yang didapatkan selama melakukan kegiatan magang di Proyek Jalan Tol Hamawas Seksi 2 Ruas Kuala Tanjung-Inderapura adalah mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara melakukan perhitungan volume timbunan yang ditagihkan ke pihak owner menggunakan aplikasi bantuan yaitu AutoCAD, Mas.PCL, dan Microsoft Excel dan mengetahui dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengajukan Monthly Certificate (MC) ke pihak owner yaitu backup volume, dokumentasi pekerjaan, shop drawing, berita acara, data ukur, calculation drawing. Ketika pelaksanaan magang mahasiswa dituntut untuk mengetahui hal mendasar mengenai pekerjaan yang ada di Proyek Jalan Tol Kuala Tanjung-Inderapura (Seksi 2). Pembuatan dokumen-dokumen Monthly Certificate (MC) akan lebih mudah apabila mahasiswa mengetahui pekerjaan yang akan dibuat dokumennya. Permasalahan yang muncul di lapangan adalah tingginya beban kerja yang didapatkan karena kurangnya tenaga kerja yang ada, menuntut manajemen waktu yang baik dan melakukan pembagian pekerjaan secara efisien agar pekerjaan dapat terselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: AutoCAD, Jalan Tol, Magang, Monthly Certificate, Volume Pekerjaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: RIZALDY WILDAN AFIVIE
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:45
Last Modified: 16 Mar 2023 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97772

Actions (login required)

View Item View Item