Analisis Posisi Plasa I Mall Di Surabaya Berdasarkan Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Kota Surabaya Dengan Metode Multidimensional Scaling

Winta, Rigo Hartono (2005) Analisis Posisi Plasa I Mall Di Surabaya Berdasarkan Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Kota Surabaya Dengan Metode Multidimensional Scaling. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9102201417-Master_Thesis.pdf] Text
9102201417-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (14MB)

Abstract

Surabaya telah mengalami berbagai kemajuan dalam penyediaan berbagai fasilitas penunjang kegiatan perdagangan. Berkembangnya keadaan tersebut tentu akan memunculkan persaingan dalam menyediakan kebutuhan masyarakat serta akan mempengaruhi berbagai pertimbangan dalam penanaman investasi pada suatu Plasa/ Mal. Oleh sebab itu, diperlukan adanya strategi untuk memposisikan diri dalam memilih dan melayani suatu segmen pasar serta diharapkan dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Maka persepsi dan preferensi dari masyarakat kota Surabaya sebagai konsumen utama dari Piasa/Mall merupakan dasar pertimbangan utama dalam menentukan strategi tersebut. Penelitian dilakukan dengan Metode Multidimensional Scaling dalam mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat kota Surabaya tentang tingkat kemiripan tiap pasang Plasa/Mal yang diteliti. Dari data kemiripan tersebut dapat diketahui posisi berbagai Piasa/Mal di Surabaya melalui suatu percentual map. Dari perceptual map juga dapat diketahui posisi ideal point Piasa/Mal yang disukai berdasarkan peringkat preferensi dari masyarakat Surabaya. Maka karakteristik kemiripan antar Plasa/Mal dapat dibandingkan melalui posisinya dalam perceptual map tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TP4, TP3, GM, SPI, dan PTC mempunyai tingkat persepsi kenyamanan terhadap suasana, interior, produk, dan tempat makan yang lebih disukai, harga produk pada umumnya dipersepsikan kurang terjangkau dan mempunyai tempat parkir mobil yang relatif lebih nyaman. Kelompok ini pada umumnya mempunyai tingkat preferensi yang tinggi sehingga layak untuk investor yang hendak melayani masyarakat golongan menengah atas. Kemudian DP, TPl, dan TP2 mempunyai tingkat persepsi kenyamanan terhadap suasana, interior, produk, dan tempat makan yang kurang disukai, harga produk pada umumnya dipersepsikan lebih terjangkau dan mempunyai tempat parkir mobil yang relatif kurang nyaman. Selain itu, kelompok ini mempunyai tingkat preferensi yang lebih rendah sehingga lebih cocok untuk investor yang melayani masyarakat golongan menengah hingga menengah bawah.
======================================================================================================================================
Surabaya has achieved many progresses for providing many trading facilities. This situation can create such competition in providing market needs. It will also affect many considerations on investment in Plaza/Mall. Some strategies are, therefore, needed for determining the positioning in choosing and serving such market segment, that hopefully can attract investors. To gather these purposes, data from Surabaya citizen as main customer are collected and analyzed to build these strategies. Multidimensional Scaling Method is considered to be used in this thesis to analyze the data. Perception and preferences of Surabaya citizen will be catch through their similarities between each pair of Plaza/Mal based on their preference degree. The similarity among Plaza/Mal can finally be measured up to through their positions in its perceptual map. This thesis shows that TP4, TP3, GM, SPI, and PTC have higher degree of perception in situation, interior, product, and food court, than DP, TP 1, and TP 2. In those first five Plazas, their product prices are generally more expensive and their car parking are more comfortable, than those of the rest three Plazas. This result shows, also, the classification of preferences for investors who seek middle to lower class of Surabaya citizen to the last three Plazas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.83 Win a 2005
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Preferensi, Perceptual Map, Multidimensional Scaling, Perseption, Preference, Perceptual Map, Multidimensional Scaling.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 25 May 2023 05:37
Last Modified: 25 May 2023 05:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97993

Actions (login required)

View Item View Item