Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber Dua Selang Compression Satu Rebound Dengan Pembebanan Variasi Listrik

Putri, Amelya (2014) Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber Dua Selang Compression Satu Rebound Dengan Pembebanan Variasi Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111106011_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2111106011_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut penelitian Center for Energy, Transportation, and the Environment (CETE), kendaraan bermotor hanya menyalurkan 10-16% dari tenaga bahan bakar yang digunakan, sisanya hanya terbuang begitu saja. Padahal kebutuhan energy listrik pada kendaraan banyak dibutuhkan untuk mendukung peralatan-peralatan yang ada di mobil. Fenomena ini mendorong peneliti untuk membuat alat yang bisa meningkatkan effisiensi dengan memanfaatkan energy yang terbuang pada kendaraan. Caranya adalah dengan memanfaatkan energy terdisipasi pada suspense kendaraan melalui konsep regenerative shock absorber (RSA). Dalam tugas akhir ini kami akan menguji karakteristik energi bangkitan dari model RSA akibat eksitasi impuls dan harmonik pada tingkat frekuensi dan amplitudo tertentu untuk mengetahui karakteristik dari Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber (HEMSA) selang compression dan satu selang rebound. Alat yang digunakan untuk pengukuran energy bangkitan yaitu suspension test rig. Mekanisme yang akan digunakan adalah dengan memasang RSA ini pada alat tersebut yang kemudian akan diberikan massa uji ¼ kendaraan Dari penelitian ini didapatkan nilai konstanta redaman HEMSA tanpa pembebanan sebesar 3887.5 Ns/m, sedangkan nilai konstanta redaman HEMSA pembebanan listrik 250 ohm, 125 ohm, dan 83 ohm berturut – turut sebesar 4860 Ns/m, 5204.5 Ns/m dan 5614 Ns/m . Energi bangkitan HEMSA pembebanan listrik 250 ohm, 125 ohm, 83 ohm berturut – turut adalah ketika frekuensi 1,4 Hz yaitu sebesar 0.25 Watt, 0.27 Watt dan 0.24 Watt ketika frekuensi 1,7 Hz ialah 0.29 Watt, 0.37 Watt , dan 0.40 Watt dan ketika frekuensi 2 Hz sebesar 0.62Watt, 0.67 Watt dan 0.37 Watt.
====================================================================================================================================
According to research by the Center for Energy, Transportation, and the Environment (CETE), the motor vehicle only distribute 10-16% of the fuel energy is used, ,the residual just thrown away. Even to the requirement electric energy for vehicle much needed to support mechanisme in the car. One way to improve efficiency is to utilize the wasted energy, one of which is to utilize the energy in the suspension Regenerative shock absorber (RSA). In the final project will be study analyzing the effect of impuls excitation and periodic excitation at the level frequency levels and amplitude were varied to know characteristic Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber (HEMSA) Two Compression Hose One Rebound withelectric variation load. Tool which use to measurement of energy recovery is done by using a quarter car suspension test rig. The mechanism that will be used to instal RSA is on the tools which will be given a test mass.From this study it was found the value of the damping constant HEMSA without load as big as 3887.5 Ns/m, while damping constan HEMSA with electric load 250 ohm, 125 ohm, 83 ohm, respectively for 4860 Ns/m, 5204.5 Ns/m, and 5614 Ns/m. Energy recovery of HEMSA with load electrical 250 ohm, 125 ohm, 83 ohm, respectively, when the frequency of 1.4Hz is equal to 0.25 Watts, 0.27 Watts and 0.24 Watts, while the frequency 1.7Hz is equal to 0.29 Watts, 0.37 Watts , and 0.40 Watts, and when the frequency of 2Hz at 0.62Watts, 0.67 Watts and 0.37 Watts.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.243 Put s
Uncontrolled Keywords: HEMSA, Suspensi, Energy Recovery, Kendaraan, Pengujian Eksperimental Karakteristik Redaman, Energy recovery, HydraulicElectro Mechanic Shock Absorber (HEMSA), suspension, vehicle testing
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:07
Last Modified: 13 Jun 2023 07:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98103

Actions (login required)

View Item View Item