Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Pada HEMSA (Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber) Selang Ganda Rasio Diameter Silinder 40mm: 40mm Dengan Variasi Pembebanan Lampu

Putra, Ilham Ardiansyah (2014) Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Pada HEMSA (Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber) Selang Ganda Rasio Diameter Silinder 40mm: 40mm Dengan Variasi Pembebanan Lampu. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111106030_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2111106030_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan energi listrik pada kendaraan roda empat sangat tinggi untuk mendukung peralatan elektronika dan mekatronika yang ada pada kendaraan. Menurut penelitian Center for Energy, Transportation, and the Environment (CETE) kendaraan bermotor hanya menyalurkan 10-16% dari tenaga bahan bakar yang digunakan. Salah satu cara meningkatkan efisiensi bahan bakar tersebut adalah dengan memanfaatkan energi yang terbuang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan energi yang terdisipasi pada suspensi melalui konsep Regenerative Shock Absorber (RSA), dalam penelitian ini alat disebut HEMSA. Pada tugas akhir ini, dilakukan studi eksperimen karakteristik redaman dan energi bangkitan dari model RSA akibat eksitasi impuls dan harmonik (sinusoidal) pada tingkat frekuensi dan amplitudo yang ditentukan. Pengukuran dan perhitungan dari energi bangkitan dilakukan dengan menggunakan Suspension Test Rig milik Lab. Jurusan Mesin ITS. Mekanisme yang akan digunakan adalah dengan memasang HEMSA (Hydraulic Electro Mechanic shock absorber) ini pada alat tersebut yang kemudian diberikan massa uji yang bervariasi. Pada penelitian tugas akhir ini didapatkan nilai redaman dari HEMSA, dimana besarnya beban hambatan generator berpengaruh terhadap nilai electrical damping, dengan bertambahnya nilai hambatan beban generator maka nilai electrical damping HEMSA semakin bertambah, sehingga berpengaruh terhadapa nilai redaman total dari HEMSA. Energi bangkitan yang dihasilkan dari HEMSA pada saat kecepatan eksitasi 1,4 Hz sampai 2 Hz cenderung mengalami kenaikan pada masing-masing pembebanan generator dan memiliki efesiensi berkisar antara 1,9 % - 13,4 %. Sedangkan dari hasil pengujian dinamis respon sprung mass dapat diketahui standar ISO 2631 kenyamanan penumpang dalam menerima getaran yang paling lama pada frekuensi 1.4 Hz adalah saat R 125 Ohm yaitu selama 6 Jam, 1.7 Hz saat R 250 Ohm yaitu selama 5 Jam dan 2 Hz saat R 83 Ohm selama 4,5 Jam.
====================================================================================================================================
According to research by the Center for Energy, Transportation, and the Environment (CETE), motor vehicle only distribute 10-16% of the fuel energy is used. The solutions to improve the fuel efficiency is to utilize wasted energy, one of which is to utilize the energy dissipated in the suspension through the concept of Regenerative Shock Absorber (RSA), in that’s case study is called HEMSA.In this final project,is to study of experiments damping characteristics and generated energy of HEMSA models due to impulse excitation andharmonic (sinusoidal) on the frequency and amplitude levelsare determined. Measurements and calculations of energygeneration is done by using a Suspension Test Rig in Lab. ITS Mechanical Engineering Dept. The mechanism that will be used is to install HEMSA (Electro Mechanic Hydraulic shock absorber) is the experimented tool which is then given a test mass is varied. In this research, attenuation values obtained of HEMSA, where the magnitude of the load generator barriers affect the value of electrical damping, with increase of value of load resistance (resistor) can depend value of HEMSA increasing electrical damping, so that affects the total values damping of HEMSA. The result generated energy from HEMSA upon excitation rate 1.4 Hz to 2 Hz tends to increase at each load generator and have efficiency ranging from 1.9% - 13.4%. Dynamic response of the sprung mass testing to ISO 2631 standard known passenger comfort in receiving the longest vibration at a frequency of 1.4 Hz when R is 125 Ohm is for 6 Hours, 1.7 Hz when R is 250 Ohm for 5 Hours and 2 Hz when R 83 Ohm for 4.5 Hours

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.243 Put s-2014
Uncontrolled Keywords: Regenerative shock absorber, VERS, Hydraulic, Karakteristik redaman, Pengujian eksperimen.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:53
Last Modified: 13 Jun 2023 07:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98106

Actions (login required)

View Item View Item