Desain Instalasi Permainan Tradisional Interaktif Untuk Ruang Tunggu Terminal 2 Bandara Internasional Juanda

Kurniawan, Ridho (2021) Desain Instalasi Permainan Tradisional Interaktif Untuk Ruang Tunggu Terminal 2 Bandara Internasional Juanda. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000011-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311640000011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Permainan tradisional Indonesia merupakan suatu budaya yang mulai ditinggalkan. Kemajuan teknologi yang pesat saat ini terbukti memengaruhi aktivitas bermain anak-anak. Permainan digital dinilai lebih menarik dan mudah untuk diakses. Survei menujukkan bahwa 68% dari 4963 responden masih berminat tinggi dengan permainan tradisional. Namun, intensitas bermain dari permainan tradisional menunjukkan bahwa 42% responden hanya bermain saat ada kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya media permainan yang relevan dengan zaman untuk mewadahi minat bermain tersebut. Terkait dengan permasalahan tersebut, diperlukan adanya sebuah media interaktif baru untuk memperkenalkan kembali budaya permainan tradisional Indonesia yang mulai terlupakan, baik untuk generasi X maupun generasi Z. Media pengenalan budaya yang baru tidak hanya akan berdampak pada masyarakat lokal, namun akan membantu juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional karena penerapannya pada ruang publik seperti bandara yang dapat diakses siapa saja. Untuk menciptakan media interaktif permainan tradisional, dilakukan analisa untuk mengetahui kebutuhan pengguna melalui studi aktivitas, observasi dan wawancara tenaga ahli. Dari analisa yang dilakukan,
didapatkan data yaitu permainan yang dilakukan harus mudah dimengerti dan dengan durasi singkat untuk memaksimalkan efektifitas waktu.
===================================================================================================================================
Indonesian traditional games are a culture that is starting to be left behind. Today's rapid technological advances are proven to affect children's play activities. A digital game
that is more attractive and accessible. The survey shows that 68% of the 4963 respondents are still highly interested in traditional games. However, the intensity of playing from
traditional games shows that 42% of respondents only play when there are activities. This shows that there is a lack of game media that is relevant to the times to accommodate this interest in playing. In connection with these problems, new interactive media is needed to reintroduce the forgotten culture of traditional Indonesian games, both to create X and to create Z.The introduction of new media will not have an impact on local communities, but will also help to introduce the culture of only Indonesia to the international community because of its application in public spaces such as airports that can be accessed by anyone. To create interactive media for traditional games, an analysis was carried out to see user needs through activities, interviews, and interviews with experts. From the analysis carried out, it is necessary to obtain game data that should be easy and with a short duration to maximize time effectiveness.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 794.815 36 Kur d-1 2021
Uncontrolled Keywords: Traditional games, Digital games, Interactive media, Installations.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:22
Last Modified: 21 Jun 2023 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98154

Actions (login required)

View Item View Item