Perencanaan slipway di desa Tabunganen sungai Barito kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan

Gani, Muhammad Zaini (2014) Perencanaan slipway di desa Tabunganen sungai Barito kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3109100050_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3109100050_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan distribusi akan barang di Indonesia, maka dibutuhkan pula sebuah fasilitas penunjang yang cukup memadai. Salah satu fasilitas penunjang yang utama adalah transportasi melalui jalur laut. Untuk Indonesia yang merupakan sebuah Negara maritim, 2/3 dari seluruh wilayahnya merupakan perairan, sehingga untuk kebutuhan transportasi laut, Indonesia sangat memadai. Namun, untuk kebutuhan kapal serta fasilitasnya di Indonesia masih sangat minim ehingga diperlukan fasilitas pendukung sistem transportasi seperti pelabuhan, dermaga, galangan kapal dll. Galangan kapal adalah Suatu bangunan atau tempat yang terletak di tepi laut atau sungai yang berfungsi sebagai tempat untuk membangun dan memperbaiki (reparasi) kapal. Salah satu dari jenis galangan kapal adalah Slipway. Konstruksi slipway terdiri dari rel yang dipasang pada landasan beton seperti pada building berth, dan kereta (cradle) di atasnya. Cradle dapat bergerak di atas rel dengan bantuan kabel baja (slink) yang ditarik mesin Derek (winch). Mengingat Slipway ini akan dibangun di tepi muara Sungai Barito Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang daratannya didominasi oleh tanah rawa,, maka permasalahanya adalah bagiamana merencanakan struktur Slipway tersebut dengan struktur pondasi yang dapat stabil di daerah bertanah rawa. Pada Tugas Akhir ini, Kapal 10.000 DWT lah yang akan dijadikan sebagai data perencanaan. Adapun aspek yang akan dijadikan sebagai faktor pembanding dalam penelitian ini adalah aspek teknis yang mencakup aspek pelaksanaan, operasional dan kapasitas. Dari aspek tersebut diharapkan dapat merencanakan dimensi slipway yang paling optimum untuk dibangun di tepi Sungai Barito, Desa Tabung Anen, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.
====================================================================================================================================
Distribution of goods is increasing in Indonesia, so it needs an adequate supporting facilities. One of the main supporting facilities is transport by sea. For Indonesia, a maritime country, two thirds of its territory is water and as a result Indonesia is in dire need of sea transport. However, ships and facilities in Indonesia are still very minimal. Therefore it needs transportation systems supporting facilities such as ports, docks, shipyards, etc.. The shipyard isa building or place that is located by the sea or a river that serves as a place to build and repair ships. One of the shipyard type is Slipway. Slipway construction consists of rails mounted on concrete foundation such as in building berth, and trains (cradle) on top of it. Cradle can move on the tracks with the help of steel cables (slink) which drawn by crane machine (winch). The slipway will be built on the edge of the estuary of the Barito River Banjarmasin, South Kalimantan which the land is dominated by swamplands, so the problem is how to plan the Slipway structure with a stable foundation structure in the swamp area. In this final project, 10,000 DWT ship used as a planning data. The aspects that will be used as a comparison factor in this study are technical aspects that include aspects of implementation, operational and capacity. From these aspects, it is expected to plan the optimum dimensions of the slipway to be built on the banks of the Barito River, Tabung Anen Village, Banjarmasin, South Kalimantan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 623.83 Gan p-2014
Uncontrolled Keywords: Banjarmasin, Galangan Kapal, Slipway, Cradle,
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:25
Last Modified: 21 Jun 2023 06:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98167

Actions (login required)

View Item View Item