Peningkatan Kinerja Bongkar Muat Non-Petikemas Melalui Efisiensi Waktu Di Pelabuhan Tanjung Perak Menggunakan Proses Mining Dan Analisis Simulasi

Shahab, Alvin Syarifudin (2021) Peningkatan Kinerja Bongkar Muat Non-Petikemas Melalui Efisiensi Waktu Di Pelabuhan Tanjung Perak Menggunakan Proses Mining Dan Analisis Simulasi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950053015-Master_Thesis.pdf] Text
09211950053015-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Jumlah proses bongkar muat merupakan salah satu indikator perkembangan suatu wilayah dan bagi Pelindo 3 merupakan proses utama dalam bisnisnya. Salah satu jenis pelayanan bongkar muat di Pelindo 3 adalah bongkar muat non petikemas untuk muatan general cargo, curah cair, curah kering ataupun curah gas. Dalam menyelenggarakan pelayanan bongkar muat terdapat 2 indikator dasar yang menjadi acuan yaitu BT (Berth Time) untuk lama kapal berada di dermaga dan juga T/G/H (Ton/Gang/Hours) untuk besaran produksi bongkar muat. Kedua hal tersebut yang menjadi acuan dalam menentukan kinerja sebuah pelabuhan. Pada pelabuhan Tanjung Perak indikator T/G/H dalam rentang tahun 2018 hingga 2020 tidak mencapai batas minimal yang ditentukan. Oleh karena itu diperlukan evaluasi kinerja waktu bongkar muat terhadap aktivitas – aktivitas yang mengalami hambatan (bottleneck) agar dapat diminimalisasi dan dilakukan peningkatan kinerja.
Pada penelitian ini tahapan evaluasi kinerja adalah identifikasi alur proses bisnis berdasarkan SOP yang berlaku dengan menggunakan YAWL untuk mendapatkan event log. Hasil event log yang didapat dari sistem kemudian dilakukan proses mining menggunakan tools ProM untuk mengidentifikasi pola detail aktivitas serta aktivitas yang memiliki hambatan terbesar. Hasil dari proses mining untuk aktivitas yang memiliki hambatan terbesar dilakukan analisis dengan menggunakan analisis simulasi queueing system dengan menggunakan tools ARENA. Analisis tersebut digunakan untuk mendapatkan data lama waktu tunggu pada tiap aktivitas, jumlah barang/pelanggan di dalam antrian, dan probabilitas layanan untuk menjadi sibuk berdasarkan penentuan variabel operasional pada aktivitas. Hasil analisis tersebut digunakan untuk melakukan rekayasa ulang proses bisnis dengan membandingkan hasil analisis kondisi eksisting dengan penambahan jumlah SDM, peralatan atau layanan sehingga menjadi lebih optimal. Hasil rekayasa ulang dilakukan validasi dengan acuan kinerja KPI T/G/H.
Hasil dari penelitian ini didapatkan 3 aktivitas yang memiliki hambatan terbesar dalam proses bisnis yaitu proses bongkar muat, pencatatan timesheet dan pencatatan realisasi dengan waktu tunggu paling tinggi adalah 48 jam. Untuk peningkatan efisiensi waktu diusulkan perubahan spesifikasi peralatan pada proses bongkar muat dengan hasil proses paling cepat adalah 16jam dengan KPI T/G/H diatas 150 dan penambahan SDM pada proses pencatatan realisasi dan timesheet dengan hasil paling cepat adalah 0.38 jam untuk pencatatan timesheet dan 5.92 jam untuk realisasi.
===================================================================================================================================
The number of loading and unloading processes is an indicator of the development of an area and for Pelindo 3 is the primary process in its business. One type of loading and unloading service at Pelindo 3 is non-container loading and unloading for general cargo, liquid bulk, dry bulk or gas bulk. In carrying out loading and unloading services, two primary indicators are used as references, namely BT (Berth Time) for the length of time the ship is at the dock and T/G/H (Ton/Gang/Hours) for the quantity of loading and unloading production. These two things become references in determining the performance of a port. At the port of Tanjung Perak, the T/G/H indicator from 2018 to 2020 did not reach the specified minimum limit. Therefore, it is necessary to evaluate the loading and unloading activities that experience bottlenecks to minimize and improve performance.
In this research, the performance evaluation stage identifies business process flows based on applicable SOP using YAWL to obtain event logs. The event log results obtained from the system are then carried out by the mining process using ProM tools to identify detailed activities and activities with the most significant obstacles. The mining process results for activities with the most significant obstacles are analyzed using a queuing system simulation analysis using ARENA tools. This analysis is used to obtain data on the length of waiting time for each activity, the number of goods/customers in the queue and the probability of the service being busy based on determining operational variables in the activity. The analysis results are used to re-engineer the business process by comparing the results of the analysis of existing conditions with the addition of the number of human resources, equipment or services so that it becomes more optimal. The result of reengineering is validated regarding the performance of T/G/H.
This study's results obtained three activities with the biggest bottlenecks in the business process: the loading and unloading process, the timesheet and the realization entries with the highest waiting time is 48 hours. It is proposed to change equipment specifications to increase time efficiency in the loading and unloading process. The fastest process results are 16 hours with KPI T/G/H above 150. Additional human resources in the realization and timesheets entries with the most immediate results are 0.38 hours for timesheets and 5.92 hours for realization entries.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.312 5 Sha p-1 2021
Uncontrolled Keywords: analisis simulasi queueing system, bongkar muat non petikemas, event log, proses mining, rekayasa ulang proses bisnis, Business process reengineering, event log, non-container loading and unloading, process mining, queueing system simulation analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:31
Last Modified: 27 Jun 2023 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98232

Actions (login required)

View Item View Item