Analisis Pengaruh Backing Plate Material Pengelasan Dua Sisi Friction Stir Welding Terhadap Sifat Mekanik Aluminium 5083 Pada Kapal Katamaran

Haqqi, Syaiful (2014) Analisis Pengaruh Backing Plate Material Pengelasan Dua Sisi Friction Stir Welding Terhadap Sifat Mekanik Aluminium 5083 Pada Kapal Katamaran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100014_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4109100014_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB)

Abstract

Friction stir welding (FSW) mulai banyak dikembangkan saat ini dikarenakan metode pengelasan menggunakan FSW dapat menghemat biaya dalam pembangunan kapal, karena FSW tidak perlu menggunakan elektroda untuk menyatukan plat dan juga pengelasan FSW membuat kekuatan sambungan las lebih kuat. Untuk saat ini metode FSW terus dikembangkan agar pengelasan dengan menggunakan FSW menjadi lebih sempurna. Sebelumnya untuk mengontrol suhu puncak dilakukan dengan cara pengelasan dua sisi. Penggunaan metode pengelasan dua sisi ini masih memiliki suhu yang relatif tinggi. Maka langkah untuk mngendalikan suhu puncak bisa dilakukan dengan penggunaan variasi landasan (mild steel, Al5083, dan Marmer) saat melakukan proses pengelasan. Metode variasi penggunaan landasan dilakukan pada Aluminium 5083 berukuran 400x300x6 menggunakan mesin milling. Selama proses pengelasan dilakukan pengukuran suhu setiap 5 cm di permukaan joint line. Hasil yang diperoleh menunjukan suhu yang paling ideal dicapai menggunakan landasan mild steel, suhu yang di dapat tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Dari pengujian mekanik yang dilakukan dapat ditinjau dari pengujian Tarik (Tensile Test) penggunaan mild steel memiliki nilai kuat Tarik sebesar 286.9 Mpa, nilai yang paling tinggi dibandingkan penggunaan landasan Al5083 dan Marmer.
==================================================================================================================================
Friction stir welding (FSW) began much developed at this time due to the use of FSW welding method is considered to save costs in shipbuilding, , because FSW does not use electrodes to join plate and also FSW make stronger welded joints. FSW method currently being developed in order to use FSW welding becomes more be comprehensive. time ago, a method of controlling the peak temperature is done by two sides welding. application of this two sides welding method still have a relatively high temperature. then, the steps taken to control the peak temperature is the use of the runway variations (mild steel, Al5083, and Marble) while doing welding process.Method of uses variations on foundation performed on Aluminum 5083, 400x300x6-size using milling machines. During the welding process temperature measurements around the joint line, each 5 cm joint line. The test results showed that the most ideal temperature is achieved using mild steel foundation, which acquired temperature is not too hot and not too cold. From mechanical testing (Tensile Test) use variations of mild steel have a tensile strength value of 286.9 MPa, the highest value compared to other runway variation Al5083 and Marble.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.843 2 Haq a-2014
Uncontrolled Keywords: Aluminium 5083, Dua sisi, Friction Stir Welding (FSW), Landasan, Mekanik, dan Suhu, Backing Plate, Friction Stir Welding (FSW), Mechanical, Temperature, and Two-sided
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:38
Last Modified: 03 Jul 2023 08:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98278

Actions (login required)

View Item View Item