Perhitungan Fatigue Life Kapal Tanker Single Hull Diatas 20.000 DWT Yang Beroperasi Di Indonesia Usia Lebih Dari 15 Tahun Pada Tahun 2012

Yogiarto, Argo (2014) Perhitungan Fatigue Life Kapal Tanker Single Hull Diatas 20.000 DWT Yang Beroperasi Di Indonesia Usia Lebih Dari 15 Tahun Pada Tahun 2012. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100055_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4109100055_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peristiwa kegagalan struktur yang mengakibatkan karamnya kapal tanker single-hull “ERIKA” (tahun 1999) dan “PRESTIGE” (tahun 2002) menimbulkan banyak perubahan dalam peraturan klasifikasi, statutori, dan perdagangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengoperasian kapal tanker. Insiden kegagalan struktur yang disebabkan oleh fatigue, menunjukkan bahwa perlu adanya pengawasan yang lebih, khususnya terhadap bagian - bagian yang potensial mengalami fatigue tersebut. Peraturan mengenai fatigue diakomodasi oleh IACS melalui Common Structural Rules (CSR) for Oil Tankers. Objek studi yang digunakan adalah kapal tanker single-hull 37.087 DWT yang berusia 19 tahun pada tahun 2012. Acuan kondisi struktur terkini berdasarkan hasil survei kondisi (Condition Assesment Scheme) pada tahun 2008. Dalam perhitungan fatigue, ketentuan dari CSR mewajibkan pemodelan struktur kapal yang mencakup 3 ruang muat dibagian midship menggunakan software finite element package dengan 2 kondisi pembebanan, full load dan normal ballast. Output berupa tegangan yang digunakan sebagai input untuk menghitung cumulative fatigue damage. Cumulative fatigue damage digunakan untuk menghitung umur kelelahan (fatigue life) menggunakan pendekatan dari Palmgren-Miner’s rule dengan meninjau tegangan pada 5 lokasi bracket di tiap ruang muat yang dianggap kritis. Analisis umur kelelahan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Simplified Fatigue Analysis. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa umur konstruksi bottom kapal Tanker 37.087 DWT tidak memenuhi umur konstruksi yang disyaratkan oleh CSR yaitu 25 tahun. Rekomendasi diberikan agar kapal tanker bisa memenuhi regulasi.
================================================================================================================================
Incident structure failure was inflicted single hull oil tankers “ERIKA” and “PRESTIGE”, both of them sink in 1999 and in 2002. After this, a lot of things was changed on classifications regulations, statutory, and trading in order to increased oil tanker operations safer. Structure failure that caused by fatigue indicates that need more attentions especially for critical locations that potentially experiencing fatigue. Regulations concerning fatigue accommodated by IACS through Common Structural Rule for Oil Tankers. Object reference that used is single hull oil tanker 37.087 DWT that have been operating for 19 years in 2012. The latest assuming structural conditions based on conditional survey (Condition Assessment Scheme) in 2008. In the calculation of fatigue, the provisions of CSR requires modeling the structure of the vessel that includes 3 cargo hold at midship section using the finite element software package with 2 loading conditions, full load and normal ballast. The output of the process is structural stress that is used as input to calculate cumulative fatigue damage. Cumulative fatigue damage that is used to calculate the fatigue life is close equations from Palmgren-Miner's rule by reviewing the structural stress at 5 locations in each bracket considered critical locations at cargo hold. Fatigue life analysis performed using Simplified Fatigue Analysis. From this study, it was found that the lifetime of the ship's bottom construction 37 087 DWT Tanker does not meet the age required by the CSR that is 25 years old. Recommendations are given in order to meet the regulation.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 623.84 Yog p-2014
Uncontrolled Keywords: analisa fatigue., CSR., kapal tanker., single hull, CSR, Fatigue Analysis., Oil Tanker Ship.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL671.6. Materials--Fatigue.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:02
Last Modified: 04 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98286

Actions (login required)

View Item View Item