Analisa Kekuatan Konstruksi Corrugated Watertight Bulkhead Dengan Transverse Plane Watertight Bulkhead Pada Pemasangan Pipa Di Ruang Muat Kapal Tanker

Putra, Stevan Manuky (2014) Analisa Kekuatan Konstruksi Corrugated Watertight Bulkhead Dengan Transverse Plane Watertight Bulkhead Pada Pemasangan Pipa Di Ruang Muat Kapal Tanker. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212105021_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4212105021_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemilihan desain dan material yang lebih efisien dengan membuat suatu konstruksi yang kokoh dan kuat dengan berat seringan mungkin merupakan pertimbangan yang dilakukan oleh perusahaan galangan kapal dalam perancangan dan pembuatan kapal baru. Salah satunya adalah sekat kedap melintang (transverse plane watertight bulkhead). Beberapa tahun belakangan sudah banyak kapal yang menggunakan sekat kedap bergelombang (corrugated watertight bulkhead). Perubahan penggunaan konstruksi tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Simulasi pengujian dilakukan dengan membuat perancangan permodelan kedua konstruksi sekat dengan menggunakan software solidworks. Kemudian dilakukan analisa kekuatan konstruksi, perhitungan berat dan pertimbangan lain. Sehingga akan didapatkan perbandingan konstruksi sekat bulkhead yang lebih efisien. Dari simulasi pengujian, transverse plane watertight bulkheadmempunyai tegangan terbesar senilai 228,58 N/mm², displacement sebesar 12,833 mm, regangan sebesar 0,00127301, FOS sebesar 1,1 dan berat konstruksi 6,7 Ton. Sedangkan corrugated watertight bulkhead lebih efisien, mempunyai tegangan sebesar 67,45 N/mm², displacement sebesar 2,815 mm, regangan sebesar 0,000237371, FOS sebesar 3,7 dan berat konstruksi 7,1 Ton.
====================================================================================================================================
The selection of designs and materials more efficiently to make stronger constructions with the lightest weight is a basic consideration by shipbuilding company to design and manufacture of new vessels. One of them is transverse plane watertight bulkhead. In recent years many ships using corrugated watertight bulkhead. Changes in the use of construction certainly has advantages and disadvantages of each. Simulation test of model transverse plane watertight bulkhead and corrugated watertight bulkhead was done by solidworks program. Then analyzed the strength, weight calculation and other consideration. So, will be obtained watertight bulkhead constructions more efficient. From simulation test, transverse plane watertight bulkhead has the largest stress 228.58 N/mm², displacement 12,833 mm, strain 0,00127301, FOS of 1,1 and 6,7 ton weight construction. Whereas corrugated watertight bulkhead is more efficient, has the largest stress 67,45 N/mm², displacement of 2,815 mm, the strain of 0,000237371, FOS 3,7 and 7.ton weight construction.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.81 Put a-2014
Uncontrolled Keywords: transverse plane watertight bulkhead, corrugated watertight bulkhead, solidworks.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:19
Last Modified: 06 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98361

Actions (login required)

View Item View Item