Laporan Magang Industri Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode 5S Dalam Konsep Kaizen Untuk Cold Ribbed Wire Plant

Tias, Sekar Syadila Mulyaning (2022) Laporan Magang Industri Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode 5S Dalam Konsep Kaizen Untuk Cold Ribbed Wire Plant. Project Report. [s.n.], [s.l.].

[thumbnail of 10211910010067-Project_Report.pdf] Text
10211910010067-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Vokasi diciptakan berdasarkan suatu konsep ketenagakerjaan yang mengarah pada pelaksanaan pembangunan khususnya melalui industrialisasi. Salah satu tantangan terhadap hasil pendidikan adalah menyiapkan lulusan yang memuaskan bagi pengguna jasa. Oleh karena itu, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan prioritas kunci dalam peningkatan mutu, relevansi maupun effisiensi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, kami sebagai Mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ITS memilih PT. Perwira Indo Wire sebagai tempat pelaksanaan kegiatan magang industri atau kerja praktek. Dengan Seiri kita dapat melakukan pemilahan antara barang sisa produksi yang sudah tidak terpakai, scrap maupun serbuk besi dan meletakkannya sesuai dengan kategori sampah sehingga dapat memudahkan ketika diperlukan; Seiton kita memiliki tempat khusus penyimpanan barang – barang yang sudah tidak terpakai maupun barang – barang yang cacat sehingga bisa tertata dengan rapi. Juga membuat tempat penyimpanan khusus untuk alat kebersihan dan peralatan maintenance agar mudah ketika mencarinya; Seiso, Seluruh pekerja dihimbau untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan kawasan kerjanya. Harus ada jadwal rutin kebersihan secara berkala untuk seluruh pekerja yang langsung diawasi oleh pihak manajemen perusahaan; Seiketsu, Operator harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan mesin dengan baik dan mendapatkan pengawasan saat bekerja supaya para operator bekerja dengan tertib dan disiplin untuk menunjang produktifitas; Shitsuke, Manajemen perusahaan sebaiknya menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan dan evaluasi dengan metode 5S yang berkonsep Kaizen minimal satu kali dalam seminggu. Juga adanya diskusi rutin antara para operator dan katua regu untuk meningkatkan produktifitas kerja dan memberi wawasan untuk menggunakan disiplin ilmu dan dengan penuh tanggung jawab sehingga pekerjaan yang dilakukan secara rutin akan menjadi suatu kebiasaan yang baik dan mengurangi kesalahan dalam menjalankan tugas serta mengurangi produk cacat yang akan dihasilkan.
===========================================================================================================================
Vocational Education was created based on a concept of employment that leads to the implementation of development, especially through industrialization. One of the challenges to educational outcomes is preparing satisfactory graduates for service users. Therefore, improving the quality of Human Resources is a key priority in improving the quality, relevance and efficiency of education. Based on this, we as students of the ITS Industrial Mechanical Engineering Department chose PT. Indo Wire officers as a place to carry out industrial internship activities or practical work. With Seiri we can sort out production leftovers that are no longer used, scrap or iron filings and place them according to the waste category so that it can be easier when needed; Our Seiton has a special place for storing unused and defective items so they can be neatly arranged. Also create a special storage area for cleaning tools and maintenance equipment so that it's easy to find them; Seiso, all workers are encouraged to increase awareness of the cleanliness of their work area. There must be a routine schedule for regular cleaning for all workers who are directly supervised by the management of the company; Seiketsu, Operators must have the ability to operate machines properly and get supervision while working so that operators work in an orderly and disciplined manner to support productivity; Shitsuke, company management should schedule an inspection and evaluation using the 5S method with the Kaizen concept at least once a week. There are also regular discussions between operators and team leaders to increase work productivity and provide insight to use scientific discipline and with full responsibility so that routine work will become a good habit and reduce mistakes in carrying out tasks and reduce defective products that will generated.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), 5S, Kaizen Occupational Safety and Health (K3), 5S, Kaizen
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: SEKAR SYADILA MULYANING TIAS
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:50
Last Modified: 18 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98526

Actions (login required)

View Item View Item