Analisis Pengaruh Faktor Yang Memengaruhi Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Shopeepay Untuk Meningkatkan Jumlah Pengguna Menggunakan Partial Least Square- Structural Equation Modeling

Saputra, Muhammad Hilmi (2023) Analisis Pengaruh Faktor Yang Memengaruhi Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Shopeepay Untuk Meningkatkan Jumlah Pengguna Menggunakan Partial Least Square- Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 052119400000080-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
052119400000080-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Perkembangan teknologi menjadi salah satu alasan banyaknya layanan digital yang mulai bermunculan yang dapat memudahkan individu dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Pembayaran digital semakin merambah di kalangan masyarakat Indonesia dengan bertambahnya konsumen pengguna transaksi digital. E-wallet atau dompet digital merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang sering digunakan. Berbagai macam aplikasi dompet digital yang tersedia di Indonesia saat ini seperti ShopeePay, Gopay, LinkAja, Dana, Ovo yang bekerja sama dengan ratusan ribu merchant online (official store) maupun offline.
Permasalahan: Perkembangan teknologi layanan Dompet Digital sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak bermunculan aplikasi dompet digital di Indonesia dengan berbagai fitur baru yang tersedia juga pada setiap aplikasi dompet digital. Namun, penggunaan aplikasi Shopeepay masih di bawah atau lebih rendah dari aplikasi dompet digital lainnya meskipun ShopeePay mengungguli jumlah pengguna di kalangan pengguna aktif e-commerce. Sehingga, penelitian terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku dalam menggunakan layanan Shopeepay perlu dilakukan.
Tujuan: Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan struktural pengaruh dari variabel-variabel yang memengaruhi behavioural intention aplikasi Shopeepay untuk melakukan berbagai jenis pembayaran dalam transaksi baik online maupun offline.
Metode: Penelitian Tugas Akhir dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan mengadopsi variabel dari Mobile Technology Acceptance Model (TAM) dan variabel eksternal. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring.
Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kesenangan, kepercayaan diri dalam menggunakan aplikasi mobile, dan persepsi massa kritis berpengaruh terhadap niat perilaku penggunaan ShopeePay.
Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan dapat membantu penyedia platform ShopeePay untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi intensi penggunaan layanan ShopeePay yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk aksi manajerial dan juga digunakan sebagai referensi dalam mengerjakan penelitian terkait.
================================================================================================================================
Context: Technological developments are one of the reasons many digital services are starting to emerge that can make it easier for individuals to fulfill their needs and desires. Digital payments are increasingly reaching Indonesian society with increasing consumers using digital transactions. E-wallet or digital wallet is a type of digital payment that is often used. Various digital wallet applications are currently available in Indonesia, such as ShopeePay, Gopay, LinkAja, Dana, Ovo, which work with hundreds of thousands of online (official store) and offline merchants.
Problem: The development of Digital Wallet service technology is very rapid. This can be seen from the increasing number of digital wallet applications emerging in Indonesia with a variety of new features that are also available in each digital wallet application. However, the use of the Shopeepay application is still below or lower than other digital wallet applications even though ShopeePay outperforms the number of users among active e-commerce users. Thus, research regarding the factors that influence behavioral intentions in using Shopeepay services needs to be carried out.
Purpose: This final project research was conducted to identify the structural relationships of the influences of the variables that influence the behavioral intention of the Shopeepay application to make various types of payments in both online and offline transactions.
Method: The final project research was carried out using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method by adopting variables from the Technology Acceptance Model (TAM) and external variables. Data collection was carried out by distributing questionnaires online.
Results: The results of this study are mobile usefulness, mobile ease of use, perceived enjoyment, mobile self-efficacy and perceived critical mass have a significant effect on behavioral intention to use the ShopeePay digital wallet.
Added Value: This research is expected to help ShopeePay platform providers to find out the factors that can influence the intention to use ShopeePay services which can be used as a basis for managerial action and also used as a reference in carrying out related research.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dompet Digital, Structural Equation Modeling,Mobile Technology Acceptance Model, Niat Perilaku, E-Wallet, Behavioural Intention.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.34 Mobile commerce.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Hilmi Saputra
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:23
Last Modified: 20 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98590

Actions (login required)

View Item View Item