Kautsar, Anugrah Cahya (2023) Analisis Pengaruh Adiksi dan Loyalitas pada Online PC Games untuk Meningkatkan Minat Pembelian di dalam Game Menggunakan Metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211940000106-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Konteks: Seiring dengan perkambangan teknogi, industri game mengalami peningkatan yang pesat dalam kualitas dan pengembangannya. Saat ini banyak video game telah dapat dimainkan di berbagai macam platform seperti PC, smartphone, dan console. Online PC Game menjadi salah satu yang diminati karena banyaknya jenis game yang dapat dimainkan dan dinilai memiliki grafik yang bagus. Selama pandemi COVID-19 jumlah pemain Online PC Game mengalami peningkatan yang pesat melebihi pemain online mobile game. Namun sayangnya, pembelian yang dilakukan dalam online PC game jauh lebih sedikit dibanding dengan online mobile game. Hal ini tentunya menjadi masalah karena pendapatan utama dari pengembang game melalui pembelian di dalam game.
Permasalahan: Penelitian ini berfokus pada pengaruh adiksi dan loyalitas para pemain game terhadap pembelian di dalam game. Jumlah pemain online PC game yang terus meningkat drastis semenjak adanya pandemi COVID-19 membuat pengembang game harus dapat memaksimalkan momentum tersebut untuk dapat meningkatkan keuntungan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi berupa strategi untuk para pengembang game terkait hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi intensi pengguna dalam melakukan pembelian di dalam game.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh dari variabel adiksi dan variabel loyalitas untuk meningkatkan pembelian item di dalam game oleh pengguna. Penelitian ini juga akan melakukan analisis terkait efek langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel tersebut.
Metode: Analisis dan pengujian pada penelitian ini menggunakan metode Partial Least-Structural Equation Model (PLS-SEM). Pengambilan data menggunakan kuesioner yang akan disebarkan secara daring menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, dan Line.
Hasil: Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel adiksi memiliki pengaruh terhadap loyalitas dan variabel loyalitas juga memiliki pengaruh terhadap variabel purchase intention. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adiksi mempengaruhi loyalitas pengguna, sehingga perusahaan dapat memprioritaskan pengembangan fitur dalam game yang meningkatkan niat pembelian pengguna.
Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan pengembang game untuk mengetahui keterkaitan antara adiksi dan loyalitas pengguna terhadap minat mereka untuk melakukan pembelian dalam game yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengerjakan rekomendasi serta sebagai referensi untuk penelitian terkait
================================================================================================================================
Context: Along with the development of technology, the game industry has experienced a rapid increase in quality and development. Currently, many video games can be played on various platforms such as PCs, smartphones, and consoles. Online PC games are one of the most popular because there are many types of games that can be played and are considered to have good graphics. During the COVID-19 pandemic, the number of online PC game players has increased rapidly, exceeding that of online mobile game players. But unfortunately, purchases made in online PC games are much less than online mobile games. This is of course a problem because the main revenue for game developers is through in-game purchases.
Problem: This study focuses on the effect of game player addiction and loyalty on in-game purchases. The number of online PC game players has continued to increase dramatically since the COVID-19 pandemic, forcing game developers to maximize this momentum to increase profits. With this research, it is hoped that it can produce recommendations in the form of strategies for game developers regarding what things can affect user intentions in making purchases in the game.
Purpose: This study aims to analyze the influence of the addiction and loyalty variables to increase the purchase of in-game items by users. This study will also carry out an analysis regarding the direct and indirect effects of these variables.
Methods: The analysis and testing in this study used the Partial Least-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. Data collection uses a questionnaire which will be distributed online using social media such as Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, and Line.
Results: The results of this study reveal that the addiction variable has an influence on loyalty, and the loyalty variable also has an influence on purchase intention. Therefore, it can be concluded that addiction affects user loyalty, allowing companies to prioritize the development of game features that enhance user purchase intent.
Value Added: This study is expected to be beneficial for game development companies in understanding the relationship between addiction and user loyalty towards their purchase intent within the game. The findings can serve as a reference for providing recommendations and as a valuable resource for future research in the field.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online PC Game, Addiction, Loyalty, In-Game Purchase, Partial Least-Structural Equation Modeling |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anugrah Cahya Kautsar |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/98674 |
Actions (login required)
View Item |