Laporan Magang Industri Mekanisme Coating Pada Pressure Vessel Di PT Boma Bisma Indra, Persero

Vanadio, Titus (2022) Laporan Magang Industri Mekanisme Coating Pada Pressure Vessel Di PT Boma Bisma Indra, Persero. Project Report. [s.n], [s.l.].

[thumbnail of 10211910000063_Project_Report.pdf] Text
10211910000063_Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pressure Vessel adalah suatu bejana bertekanan untuk penyimpanan atau pengolahan fluida. Pressure Vessel memiliki ukuran yang sangat besar dengan berbagai komponen pendukungnya. Dalam proses pembuatannya, pressure vessel melalui banyak sekali proses manucaturing. Salah satunya proses-nya yaitu proses blasting and painting. Proses blasting and painting ini merupakan sebuah proses finishing yang akan dilalui semua produk pressure vessel khususnya yang ada di PT Boma Bisma Indra.
===========================================================================================================================
Blasting dan painting merupakan proses coating yang bertujuan untuk menghambat laju korosi pada permukaan pressure vessel. Pada PT Boma Bisma Indra memiliki standar tersendiri yang sudah diuji kelayakannya dan mengacu pada ASME. Blasting yang sering digunakan pada PT Boma Bisma Indra yaitu menggunakan sand blasting, dan pada painting menggunakan metode spray karena menghasilkan pengecatan yang ekonomis dan maksimal. Proses blasting dan painting ini diatur pada Engineering Instructions Sheet pada tiap itemnya yang nantinya akan digunakan sebagai proses Quality control. Hasil dari proses Blasting dan painting akan ditinjau kembali oleh divisi Quality Control untuk terus menjaga kulitas produk. Peninjauan dari proses Blasting dan painting berupa serangkaian pengujian yang harus diperhatikan diantaranya Name of paint, Generic type, Mixing ratio, Number of component, Application Method, Wet film thickness, Dry Film thickness, Wet air temperature, Surface temperatur, Dew point, Relative, humadity, Potlive, Surface preparation, Materials abrassive, Pressure of compresor, Anchor profile. Poin-poin yang tertera diatas harus dilaksanakan oleh div Quality Control dengan mengacu pada EIS sehingga akhirnya akan dibukukan atau biasa disebut Mechanical Data Report (MDR) yang nantinya dokumen ini diberikan kepada konsumen sebagai bentuk penjaminan mutu dari PT Boma Bisma Indra.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pressure vessel, Sandblasting, Painting
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS233 Sand casting. Metal castings--Thermal properties.
T Technology > TS Manufactures > TS283 Pressure vessels.
T Technology > TS Manufactures > TS699 Powder coating of metals
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Titus Vanadio
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:54
Last Modified: 21 Jul 2023 05:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98877

Actions (login required)

View Item View Item