Analisa Kecacatan Pada Sambungan Pengelasan SMAW dan GTAW dengan Metode Magnetic Test pada Pressure Vessel Di PT Boma Bisma Indra

Sulthon, Hafiz (2022) Analisa Kecacatan Pada Sambungan Pengelasan SMAW dan GTAW dengan Metode Magnetic Test pada Pressure Vessel Di PT Boma Bisma Indra. Project Report. [s.n], [s.l.].

[thumbnail of 10211910000050_Project_Report.pdf] Text
10211910000050_Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pengertian bejana tekan (Pressure Vessel) menurut B. Siva Kumar dan teman-temannya (2018) adalah tempat untuk menampung fluida dibawah tekanan. Bejana tekan memiliki banyak sekali bentuk dan fungsi yang berbeda beda. Secara umum bejana tekan dibedakan menjadi dua jenis yaitu bentuk silinder dan spherical. Bejana tekan pasti tertutup karena didalam bejana tekan terdapat sebuah proses dari fluida dan cairan yang memiliki tekanan dan temperatur. Proses pembutan bejana tekan melalui banyak tahap mulai dari kalkulasi,desain,dan fabrikasi. Fabrikasi adalah proses manufaktur untuk membuat bejana tekan menjadi nyata atau siap untuk dipakai. Proses fabrikasi memiliki banyak tahap salah satunya yaitu proses joinning. Proses joinning yang dilakukan dalam fabrikasi yaitu proses pengelasan. Hasil pengelasan akan diuji kelayakan agar tidak terjadi kebocoran atau kemungkinan terburuk yaitu bejana tekan bisa meledak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pressure Vessel,GTAW,SMAW,NDT,Weilding,Pengelasan,
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
T Technology > TS Manufactures > TS283 Pressure vessels.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Hafiz Sulthon
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:51
Last Modified: 21 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98881

Actions (login required)

View Item View Item