Perancangan Pola Desain Wiki pada Permainan Simulasi Manajemen Sumber Daya untuk Meningkatkan Pattern Library dengan Atomic Design dan Utilitas CSS

Prasetyo, Muhammad Hanif (2023) Perancangan Pola Desain Wiki pada Permainan Simulasi Manajemen Sumber Daya untuk Meningkatkan Pattern Library dengan Atomic Design dan Utilitas CSS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000136-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000136-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Banyak yang telah menghabiskan waktu untuk bermain game komputer dan sekarang sangat terampil dalam mempelajari dan menerapkan seperangkat aturan yang rumit melalui permainan game, seperti game simulasi manajemen sumber daya. Bahkan ada beberapa game yang membuat wiki sebagai sumber informasi untuk para pemainnya seperti Utopia-game. Permasalahan: Utopia-game ini memiliki tingkat kompleksitas informasi dan pengetahuan yang cukup tinggi. Permainan ini memiliki aspek penting dari pengalaman pemain menggunakan wiki game telah diidentifikasi sebagai area yang memerlukan peningkatan. Sehingga membutuhkan kreativitas lebih bagi pengguna untuk mengelola informasi secara efektif dengan antarmuka yang terbatas pada wiki.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan pola desain wiki yang dapat meningkatkan efektifitas pengguna wiki dalam mengolah informasi pada wiki. Selain itu penelitian ini akan memberikan antarmuka wiki untuk penggalian kebutuhan serta usulan pola desain untuk meningkatkan pustaka pola permainan simulasi manajemen sumber daya dan agar dapat menjadi acuan bagi para pengembang wiki dan melakukan pengujian desain kepada pengguna wiki.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode desain atom untuk merancang sistem desain dengan bantuan utilitas CSS (Cascading Style Sheets) atau potongan kode bahasa pemograman yang menyediakan gaya dan fungsionalitas khusus yang dapat diterapkan langsung pada elemen HTML tanpa perlu menulis gaya CSS khusus. Melakukan penggalian kebutuhan yang didapatkan melalui wawancara semi-terstruktur dari pengalaman pemain Utopia-game menggunakan antarmuka wiki sebagai dasar pengembangan pola desain dan melakukan pengujian usulan desain kepada pengguna.
Hasil: Dari hasil analisis yang telah dilakukan terdapat sepuluh konten yang perlu ditingkatkan untuk antarmuka wiki. Sepuluh konten ini terdiri dari navigasi, landing page, overview, explanation, tabel, procedure, warning, troubleshooting, recipe, dan important facts. Metode desain atom membantu mengskalakan desain agar mudah dipakai oleh para pengembang wiki nantinya. dari kebutuhan konten ini usulan desain pada pustaka pola terdapat 10 komponen dan 4 halaman. Dan hasil pengujian desain kepada pengguna, bisa dikatakan beberapa usulan desain dapat meningkatkan efektifitas pengguna wiki.
Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembang dan pengguna wiki agar dapat merancang wiki dengan mudah dalam menyampaikan informasi terkait bagaimana mengelola manajemen sumber daya.
================================================================================================================================
Context: Many people have spent their time playing computer games and are now highly skilled at learning and applying complex rule sets through game play, such as simulated resource management games. There are even some games that make wikis as a source of information for players like Utopia-game.
Problem: Utopia-this game has a high level of complexity of information and knowledge. The game's significant aspects of the player experience using the game's wiki have been identified as areas for improvement. So, it requires more creativity for users to manage information effectively with the limited interface of wikis.
Purpose: This study aims to enable wiki users or wiki developers to find design patterns that can increase the effectiveness of users in processing information on the wiki. In addition, this research will provide a wiki interface for exploring needs and designing a design system to improve the library of resource management simulation game patterns and so that it can become a reference for wiki developers and carry out design tests on wiki users.
Methods: This study uses the atomic design method to design a design system with the help of CSS utilities. Conducting needs exploration obtained through semi-structured interviews from Utopia-game player experiences using the wiki interface as the basis for developing design patterns and testing design proposals on users.
Result: From the results of the analysis that has been done, there are ten contents that need to be improved for the wiki interface. These ten contents consist of navigation, landing page, overview, explanation, tables, procedures, warnings, troubleshooting, recipes, and important facts. The atomic design method helps scale the design for later use by wiki developers. from this content requirement the design proposal in the pattern library is in the form of components and pages. And the results of testing the design on users, it can be said that several design proposals can increase the effectiveness of wiki users.
Added Value: This research is expected to help wiki developers and users to be able to design wikis easily in conveying information related to how to manage resource management.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wiki, Pola Desain, Pustaka Pola, Utopia-game, Design Pattern, Pattern Library
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Hanif Prasetyo
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:56
Last Modified: 24 Jul 2023 03:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99053

Actions (login required)

View Item View Item